Banjir Rendam Ibu Kota, PDIP Tagih Janji Kampanye Anies

Banjir Rendam Ibu Kota, PDIP Tagih Janji Kampanye Anies
(Okezone News : Google)
Editor: Jajang Hot News —Jumat, 3 Januari 2020 08:31 WIB

Terasjabar.id - Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono mengatakan, pihaknya menagih janji Gubernur Anies Baswedan ihwal penanggulanagn banjir yang terjadi di Ibu Kota. Hal itu menanggapi fenomena banjir yang terjadi di Jakarta dalam tiga hari belakangan ini.

“Janji kampanye terkait banjir di Jakarta bukanlah janji yang mudah untuk dipenuhi, diperlukan pemimpin dengan aksi konkret yang nyata, bukan sekadar solusi yang bersifat pendekatan kata-kata, bahwa janji politik juga harus disertai solusi yang realistis dan terukur,” kata Gembong, Jumat (3/1/2019).

Menurut dia, selama dua tahun ini, praktis tidak ada eksekusi program penanggulangan banjir yang konkret dari Anies. Ia menyerut, program normalisasi seakan hanya menjadi narasi fiksi tanpa ada eksekusi yang nyata hingga saat ini, dilansir dari Okezone.com.

Banjir Masih Merendam Kawasan Mampang Pela


“Kerjasama dalam penanggulangan banjir di Jakarta terkait program sodetan Kali Ciliwung, di mana pemerintah pusat menawarkan menjalankan operasional sodetan, sedangkan Pemprov melakukan pembebasan lahan, akan tetapi pembebasan lahan tersebut sampai saat ini tidak dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta,” ujarnya.

Terkait banjir besar yang terjadi di berbagai wilayah di DKI Jakarta sejak Rabu dini hari hingga saat ini, ia mendesak agar seluruh jajaran eksekutif serius dalam menyelesaikan permasalahan banjir yang semestinya sudah dirampunngkan selama dua tahun terakhir.

“Kami menilai program vertical drainase yang sangat dibanggakan oleh Pak Gubernur ternyata tidak menjadi solusi. Diperlukan adaptasi penerapan sistem penanganan banjir seperti masa Pemprov DKI Jakarta tahun 2016 silam yang dinilai efektif, di mana jumlah titik rawan banjir turun dari 480 titik menjadi 80 titik, hanya dalam waktu penanganan selama satu tahun,” katanya.

anies baswedan banjir Banjir Jabodetabek Banjir Jakarta


Loading...