Pembangunan Taman Leuwigajah dan Taman Segitiga Sriwijaya Bakal Dilanjutkan 2020

Pembangunan Taman Leuwigajah dan Taman Segitiga Sriwijaya Bakal Dilanjutkan 2020
Whisnu Pradana
Editor: Epenz Teras Cimahi —Kamis, 2 Januari 2020 18:38 WIB
Terasjabar.id, Cimahi - Proyek pembuatan dua taman yang mencapai Rp 1,777 miliar milik Pemkot Cimahi diklaim sudah rampung 100 persen untuk tahap pertama. 

Taman yang dibangun adalah taman air mancur Bunderan Leuwigajah senilai Rp 814 juta dan Taman Segitiga Gandawijaya-Gedong Empat-Sriwijaya senilai Rp 963 juta.

"Sudah ada air mancurnya. Tahap 1 targetnya terbangun taman air mancur dan lampu-lampunya," kata Kepala Seksi Pertamanan dan Dekorasi Kota pada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, Mira Nurmeita Gantini saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Kamis (2/1/2019).

Meski sudah rampung, untuk sementara ini Taman Air Mancur Leuiwigajah belum bisa dinikmati masyarakat. Sebab, saat ini masih dalam proses pemeliharaan yang dilalukan pihak kontraktor yakni PT. Eckhom.

"Target kita bisa dinikmati secepatnya. Sekarang masih dalam masa pemeliharaan," ujar Mira.

Ke depan Taman Air Mancur Leuwigajah akan ditambahkan berbagai ornamen lainnya seperti patung gajah yang rencananya akan diletakkan di sekitar taman.

"Paling dilanjutkan untuk pengerjaan estetikanya, perkerasan, pakai batu, sama patung. Luas total area kolamnya sekitar 277,45 meter. Tapi untuk patung gajahnya kami masih bahas penyediaan anggarannya," terangnya.

Menurut Mira, uang ratusan juta itu sebetulnya tergolong murah untuk membangun sebuah air mancur. Sebab, pengadaan seperti untuk Seperti nozzle atau perangkat utama air mancur yang berfungsi untuk menyemburkan air, kemudian pompa dan alat lainnya harganya cukup mahal.

"(Alatnya) mahal. Harusnya lebih dari itu (anggarannya). Pompa sama nozzle-nya impor. (Mungkin) kalau pengalaman konsultan yang lokal tidak tahan lama," jelasnya.

Ia melanjutkan, air mancur ini menjadi yang pertama di Kota Cimahi. Selain untuk dekorasi kota, keberadaan air mancur tersebut tentunya akan mempercantik Kota Cimahi dan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk spot swafoto atau selfie.

"Ini baru yang pertama air mancur di Cimahi sebagai penambahan dekorasi kota," ucapnya.

Sedangkan untuk Taman Segitiga Gandawijaya-Gedong Empat-Sriwijaya, lanjut Mira, saat ini juga diklaim sudah rampung dan bisa digunakan untuk aktifitas masyarakat. Termasuk alutsista yang sudah terpajang di sana.

"Tahap 1 sudah selesai. Sekarang sudah bisa digunakan untuk jogging, jalan-jalan bisa juga," katanya.

Mira menjelaskan, konsep taman yang berada di persimpangan jalan menuju Cimall dengam Pasar Antri itu dikonsep sebagai ruang aktif. Tahun ini, pihaknya akan melanjutkan penyempurnaan taman dengan menambahkan ornamen pendukung.

"Yang taman di Cmahi Mall konsepnya lebih ke taman aktif, lebih terbuka untuk tempat berkumpul. Spot tank sudah ada, patung menyusul tahun sekarang," pungkasnya. (SDK)

Pembangunan Dua Taman Taman Air Mancur Bunderan Leuwigajah Pemkot Cimahi


Loading...