Sebabkan Macet, Jalan Cimareme Yang Amblas Diminta Segera Diperbaiki

Sebabkan Macet, Jalan Cimareme Yang Amblas Diminta Segera Diperbaiki
Editor: S.N.A Teras KBB —Kamis, 2 Januari 2020 18:25 WIB
Terasjabar.id - Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna berharap bahu jalan nasional yang amblas di Kampung Caringin RT 01/10 Desa Kertajaya Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat (KBB) segera diperbaiki.

Sebab, kondisi bahu jalan yang menganga hingga 15 meter lebih dan lebar 5 meter itu sangat membahayakan pengendara. Apalagi jalan tersebut adalah jalan utama penghubung Padalarang ke Kota Cimahi.

"Sangat bahaya. Kalo gak diantisipasi bisa terputus (jalan)," kata Aa Umbara saat ditemui (die) Ngamprah, Kamis (2/1/2019).

Seperti diketahui, bahu jalan yang berdekatan dengan jembatan Cihaur Geulis itu amblas saat hujan deras pada Selasa (31/12/2019). Tepat dibawahnya adalah aliran Sungai Cihaur Geulis yang meluap saat hujan deras.

Amblasnya bahu jalan itu menyebabkan arus lalu lintas dari Padalarang menuju Kota Cimahi dan sekitarnya maupun sebaliknya menjadi tersendat. Sebab sebagian jalannya dipakai untuk memasang pembatas.

Aa Umbara mengatakan, pihaknya hanya akan melaporkan kejadian itu kepada pemerintah pusat mengingat memang status jalannya bukan milik kabupaten.

"Kita bikin surat, laporan. Mudah-mudahan cepat tanggap," ucapnya.

Pihak dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumaahan Rakyat (PUPR) sudah meninjau langsung ke lokasi amblasnya jalan pada Rabu (1/1/20202. Pelaksana Lapangan Kemen PUPR Asep mengatakan, penyebab amblasnya bahu jalan untuk sementara ini dikarenakan derasnya air.

"Sebabnya karena derasnya air, sekitar pukul lima. Kami melakukan penangan memasang rambu pengaman," katanya.

Usep Saepudin (44), salah seorang warga menuturkan, sebelum bahu jalan itu amblas ia sempat berada di jembatan Cihaur Geulis. "Waktu itu udah hujan besar. Saya udah curiga akan banjir soalnya banyak sampah. Terus jembatan juga sempet bergetar," ujarnya.  

Tak lama setelah itu, air yang deras keluar dari lahan kosong masuk ke jalan dan sela-sela galian baru yang tepat beradai diposisi bahu jalan yang amblas. "Kalau amblasnya kurang tau persis, tapi sepertinya gak sekaligus," terangnya.

Menurutnya, amblasnya bahu jalan itu berdampak terhadap dua bangunan yang digunakan sebagai tempat usaha bengkel las dan barang bekas yang ikut tergerus.

"Pas amblasnya informasinya ada juga 3 motor yang tertimbun. Tapi udah dievakuasi atau belum saya kurang tau," pungkasnya.
(SDK)

Sebabkan Macet Jalan Cimareme Yang Amblas Diminta Segera Diperbaiki


Loading...