Warga Perumahan Cimareme Indah Dihantui Potensi Banjir Susulan

Warga Perumahan Cimareme Indah Dihantui Potensi Banjir Susulan
Foto by Whisnu Pradana
Editor: S.N.A Teras KBB —Kamis, 2 Januari 2020 18:18 WIB

Terasjabar.id - Warga Perumahan Cimareme Indah Blok D RT 04/03, Desa Margajaya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), yang diterjang banjir bandang Selasa (31/12/2019) sore khawatir adanya banjir susulan.

Kekhawatiran warga tersebut didasarkan pada musim penghujan yang bakal berlangsung hingga pertengahan tahun. Ditambah bel terbangunnya tanggul di sisi aliran Sungai Cihaur.

Ketua RT 04, Yayat Ruhiyat, mengatakan pihaknya minta perbaikan dan pembangunan tanggul atau dinding pembatas didahulukan.

"Harusnya prioritas itu pembangunan tanggul dulu karena itu yang bakal menahan air kalau meluap lagi," ujar Yayat saat ditemui, Kamis (2/1/2020).

Sebelumnya, kata Yayat, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara, yang datang ke lokasi banjir mengatakan bakal segera memperbaiki tanggul tersebut.

"Tapi cuma bilang segera diperbaiki, tapi waktu pastinya kapan dibangun lagi belum tau. Jadi sampai sekarang ya warga tetap resah," katanya.

Sebagai penanggulangan sementara, warga bersama BPBD Kabupaten Bandung Barat membuat tanggul darurat dari karung berisi pasir yang ditumpuk di sepanjang bibir sungai.

"Sementara ya ditahan dulu dengan karung pasir ini. Tapi tidak menjamin bisa menahan air kalau hujan deras dan airnya meluber lagi," tuturnya.

Dua hari pascabanjir, sekitar 232 warga masih bertahan di pengungsian lantaran kondisi rumah mereka masih belum bersih sepenuhnya dari sisa banjir dan lumpur.

"Kemarin Kapolda Jawa Barat datang kesini minta buat warga bertahan dulu di pengungsian sementara waktu, jangan memaksakan pulang ke rumah. Untuk pengamanan bapak-bapak diwajibkan ronda malam," tandasnya.

(SDK)

Warga Perumahan Cimareme Indah Dihantui Potensi Banjir Susulan


Loading...