Petugas Siapkan Alat Berat untuk Transportasi Menuju Cengkareng

Petugas Siapkan Alat Berat untuk Transportasi Menuju Cengkareng
(Okezone News : Google)
Editor: Jajang Hot News —Kamis, 2 Januari 2020 16:34 WIB

Terasjabar.id - Puluhan warga tak bisa melanjutkan perjalanannya karena masih tingginya volume air yang menggenangi jalanan di Jelambar yang menuju mulai dari arah Pluit, Jakarta Utara hingga Cengkareng, Jakarta Barat.Para warga itu hanya bisa melintas hingga ke depan Kantor Indosiar lantaran kendaraan masih belum bisa melanjutkan perjalanan karena tingginya volume air.

Ada banyak motor yang mogok di lokasi lantaran pemiliknya memaksa terus berkendara dalam keadaan jalanan yang masih banjir.Banyak juga di antara warga yang memilih menumpang kendaraan bak terbuka yang disiapkan mulai Dishub DKI, Polres Jakbar, hingga Satpol PP.

"Semua kendaraan saat ini bisanya cuma sampai di depan Indosiar. Airnya masih tinggi enggak bisa mau lewat yang arah Pluit juga enggak bisa. Kalau tadi pagi sih lewat Tol," kata Arifin salah seorang warga yang ditemui di depan Hotel Ciputra, Jakarta Barat, Kamis (2/1/2020).


Tranktor


Namun, masih ada kendaraan yang bisa menerabas banjir hingga ke perempatan Cengkareng, Jakarta Barat. Tak pelak, kendaraan ini menjadi primadona bagi warga yang hendak melintas ke lokasi tersebut.Para warga pun rela mengantre dan menunggu kendaraan itu di depan SPBU Jelambar.

Kendaraan tersebut merupakan milik Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI. Kendaraan yang berupa alat berat itu menjadi satu-satunya moda transportasi yang bisa mengangkut warga hingga ke Cengkareng.Alat berat itu bernama Loader (wheel loader) yang merupakan salah satu alat berat beroda ban karet yang dipengoperasikan dengan menggunakan sistem hidrolik, khususnya untuk pengoperasian bucket atau semacam ember atau sekop berukuran besar.

Banyak warga yang rela berdiri hingga duduk di sekop yang terbuat dari besi tersebut. Mereka terpaksa menumpangi kendaraan ini lantaran tidak ada pilihan lain untuk melintas di lokasi."Ada kali sepuluh kali sudah bolak balik antar warga dari Jelambar sampai Perempatan Cengkareng. Terabas terus aman banjir. Kita diperbantukan," kata petugas Dinas Lingkungan Hidup Jakbar, Udin di lokasi.

Salah seorang warga, Komar (23) mengaku terpaksa menumpang kendaraan alat berat Loader karena tak ada moda transportasi lain untuk menuju kediamannya di Cengkareng."Dari kemarin belum bisa tengokin rumah, lihat orangtua. Ini baru dapat tumpangan. Mau enggak mau kita ikut, biar sampai rumah saja dulu," tandasnya, seperti dilansir dari Okezone.com.

banjir Jakarta Banjir Banjir Jakara


Loading...