Banjir Cimahi - Dokpol Polres Cimahi Tangani Warga yang Gatal-gatal Akibat Banjir Bandang

Banjir Cimahi - Dokpol Polres Cimahi Tangani Warga yang Gatal-gatal Akibat Banjir Bandang
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Cimahi —Kamis, 2 Januari 2020 15:57 WIB

Terasjabar.id - Banjir Cimahi - Dokpol Polres Cimahi Tangani Warga yang Gatal-gatal Akibat Banjir Bandang Dokter Polisi (Dokpol) Polres Cimahi telah menangani 7 warga Perumahan Cimareme Indah, Blok D RT 04/03, Desa Margajaya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang terserang penyakit pascabanjir bandang.

Hingga Kamis (2/1/2020), warga yang terserang penyakit seperti pegal-pegal, pusing dan gatal-gatal masih berada di tempat pengungsian dan mendapat perawatan dari Dokpol Polres Cimahi.

Baur Kesehatan Polres Cimahi, Desiana Sofiyan, mengatakan, dalam satu malam saja pihaknya sudah menangani 7 orang warga yang mengalami skabies atau penyakit gatal-gatal.

"Penyakit gatal-gatal itu dampak dari kotoran bekas banjir bandang," ujarnya saat ditemui di Perumahan Cimareme Indah, Kamis (2/1/2020).

Untuk penanganannya, kata dia, warga yang terserang gatal-gatal itu langsung diberikan obat-obatan seperti salep dan obat-obatan yang lain agar mereka sembuh dari penyakit tersebut.

"Gatal-gatal yang dialami warga korban banjir bandang itu, bisa saja dari pakaian mereka yang belum ganti. Jadi mereka harus jaga kebersihan," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan trauma healing terhadap anak-anak yang juga terdampak banjir bandang tersebut agar rasa trauma mereka bisa hilang.

"Secara umum memang tidak terlihat trauma terhadap apa yang sudah terjadi (banjir), makanya kita adakan trauma healing," kata Desiana.

Dalam memberikan trauma healing tersebut, pihaknya mengajak bermain dan bersenang anak-anak seperti bernyanyi termasuk memberikan makanan.(Tribunjabar.id)



Banjir Cimahi Banjir Bandang Dokpol Polres Cimahi


Loading...