Gerhana Bulan Samar-samar Akan Muncul 11 Januari

Gerhana Bulan Samar-samar Akan Muncul 11 Januari
ANTARA FOTO/Paramayuda
Editor: Admin Teras Techno —Kamis, 2 Januari 2020 14:49 WIB

Terasjabar.id - Gerhana bulan samar-samar alias penumbra bakal membuka fenomena gerhana bulan sepanjang 2020 pada 11 Januari dini hari.

Saat itu bulan yang sedang purnama tidak akan menghilang di langit malam. “Bahkan tidak mudah untuk bisa mengetahui apakah bulan sedang gerhana atau tidak,” kata Avivah Yamani, penggiat astronomi dari komunitas Langit Selatan Bandung, Kamis, 2 Januari 2020.

Mengutip dari laman komunitas astronomi itu, kontak pertama Gerhana Bulan Penumbra 11 Januari terjadi pukul 00:07:45 WIB dan berakhir pada pukul 04:12:19 WIB. Puncak gerhananya terjadi pukul 02:11:10 WIB. “Bulan hanya tampak berubah sedikit gelap, atau berkurang kecerlangannya,” ujar Avivah.

Pada saat itu, sinar matahari ke bulan terhalangi bumi. Namun bukan terhalangi bayangan inti bumi atau umbra yang bisa menyebabkan gerhana bulan total. “Bulan akan masuk dalam kerucut penumbra bumi, dan tetap menerima sebagian cahaya matahari untuk dipantulkan,” katanya.

Penduduk seantero Indonesia bisa menyaksikan fenomena langit itu. Namun khusus wilayah Papua tidak akan sampai tahap akhir karena bulan keburu terbenam atau matahari segera terbit.

Selain itu fenomena langit lainnya selama Januari 2020 di antaranya Merkurius, Jupiter, dan Saturnus akan menghilang sementara waktu bagi pengamat di bumi dan baru akan terlihat lagi saat akhir bulan. Kondisinya kini Jupiter baru saja berkonjungsi atau saling mendekati dengan matahari.

Sementara Merkurius dan Saturnus sedang berada di titik terjauhnya dari Bumi dan berkonjungsi pula dengan Matahari. Akibatnya ketiga planet itu seakan ditelan cahaya Matahari.

(tempo.co)

Gerhana Bulan Samar-samar Muncul 11 Januari


Loading...