Banjir Bikin Layanan Telekomunikasi Terganggu

Banjir Bikin Layanan Telekomunikasi Terganggu
Banjir rendam wilayah Jabodetabek di awal tahun 2020. Foto: Agung Pambudhy
Editor: S.N.A Teras Techno —Kamis, 2 Januari 2020 14:06 WIB

Terasjabar.id - Musibah banjir yang menerjang wilayah Jabodetabek sejak kemarin hari pertama tahun 2020, membuat layanan telekomunikasi bermasalah. Begini penjelasan operator seluler seperti yang disampaikan kepada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Musibah banjir di Jabodetabek yang terjadi dari Rabu (1/1) menyebabkan beberapa Base Transceiver Station (BTS) mengalami gangguan, dikarenakan pemutusan aliran listrik dari PLN. Adapun pemutusan ini berdasarkan faktor keamanan dan keselamatan.

Dilansir dari Detik.com, Johnny memaparkan bahwa sampai Rabu malam, secara keseluruhan masyarakat/pelanggan masih bisa menggunakan layanan telekomunikasi, meskipun beberapa BTS di antaranya mati karena di lokasi BTS tersebut tidak memiliki backup power. Dikatakan Menkominfo, operator sampai mengerahkan mobile backup power dan genset portable agar pemancar sinyal tersebut tetap hidup.

Gangguan masih berlanjut pada hari ini, Kamis (2/1/2020) di mana layanan telekomunikasi tersendat gegara backup power tersebut hanya bertahan beberapa jam saja.

"Dan, operator seluler mengalami kendala untuk mengakses lokasi-lokasi yang BTS-nya down karena masih ada banjir," ungkap Johnny seperti dalam pernyataan tertulisnya.

Pada kesempatan ini, Kominfo menyebutkan kalau pihaknya akan terus melakukan monitoring terjadi jaringan telekomunikasi dan meminta operator seluler untuk melakukan pemulihan terhadap BTS yang masih down dengan menggunakan genset.

"Sehingga dapat berfungsi kembali secara normal walapun PLN masih memutuskan jaringan listrik dengan alasan kondisi yang belum aman," pungkas Menkominfo.

Berikut laporan kondisi infrastruktur dan layanan telekomunikasi dari operator seluler kepada Kominfo:

Penyelenggara Telekomunikasi Kondisi Infrastruktur dan Layanan Terdampak Banjir Upaya Perbaikan
Telkomsel
Network Telkomsel masih bisa melayani pelanggan di wilayah Jabodetabek. Adapun beberapa site mengalami down yang tersebar di wilayah jabodetabek, akibat tidak tersedianya supply power yang dikarenakan pemadaman dari PLN. Saat ini tim network Telkomsel masih berupaya dan fokus untuk recovery site-site yang down dengan mendistribusikan mobile backup power (MBP) agar bisa segera service kembali.
XL Axiata Secara keseluruhan jaringan XL Axiata masih aman dan pelanggan masih bisa menggunakan layanan XL Axiata, meskipun ada beberapa BTS yang terdampak karena padamnya supply listrik di area-area banjir di Jakarta tersebut. Saat ini team teknis di lapangan masih berupaya untuk melakukan upaya penyediaan supply listrik melalui genset untuk memastikan beberapa BTS yang terdampak tersebut bisa tetap beroperasi.
Indosat Ooredoo Status jaringan Indosat Ooredoo masih dapat memberikan layanan ke pelanggan. Beberapa site mati dikarenakan tidak adanya aliran listrik dari PLN. Saat ini tim Indosat Ooredoo masih terus memantau dan melakukan upaya untuk up site dengan menggunakan genset portable. Kendala saat ini akses ke site yang masih tertutup karena banjir.
Hutchison 3
Indonesia
Jaringan H3I secara keseluruhan masih aman dan masih dapat memberikan layanan yang baik kepada pelanggan. Terdapat beberapa site yang mati akibat pemadaman listrik PLN. Antisipasi tim operasi untuk mobilisasi portable genset.
Smartfren Terkait dengan bencana banjir yang melanda Jakarta, jaringan Smartfren masih aman, meskipun beberapa site terkendala masalah pada Rabu pagi. Namun karena semua site sudah dilengkapi baterai sebagai power supply cadangan, sehingga tidak begitu berpengaruh terhadap kualitas layanan.

Saat ini, pada hari Rabu malam, kondisi site Smartfren yang down tersebut sudah on services kembali.
• Mengerahkan tim teknis dan pemantauan sejak Rabu dini hari dan tetap disiagakan untuk antisipasi situasi dan kondisi kedepan.


• Melakukan upaya backup menggunakan genset
Sampoerna Telekomunikasi Indonesia Jaringan net1 saat ini aman Mengerahkan genset di site yang PLN-nya mati.

Banjir Bikin Layanan Telekomunikasi Terganggu


Loading...