Jabodetabek Banjir, Waspada Sederet Penyakit Ini Pascabanjir!

Jabodetabek Banjir, Waspada Sederet Penyakit Ini Pascabanjir!
Seorang warga beraktivitas di rumahnya yang terendam banjir di kawasan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (1/1). [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Editor: S.N.A Teras Health —Kamis, 2 Januari 2020 09:21 WIB

Terasjabar.id - Tahun Baru 1 Januari 2020, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) diguyur hujan deras seharian yang membuat banyak pemukiman kebanjiran.

Kedalaman air yang membanjiri pemukiman di wilayah Jabodetabek mulai dari semata kaki hingga sepinggang orang dewasa.

Akibat musibah tersebut, banyak warga terdampak banjir mengungsi ke tempat pengungsian atau ke tempat saudara serta kerabat.

Yang jadi persoalan, bencana banjir tak hanya menimbulkan kerugian materi, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit pascabanjir.

Apalagi, kata Akademisi sekaligus Praktisi Klinis, Prof. DR. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD KGEH. MMB, anak-anak merupakan kelompok rentan yang mudah terkena penyakit pascabanjir.

"Coba saja diidentifikasi pada lingkungan kita terutama yang masih mempunyai anak-anak. Berapa kali mereka mengalami gangguan kesehatan dalam musim penghujan dan banjir saat ini," tulisnya seperti dilansir dari Suara.com, Kamis (2/1/2020).

Lebih lanjut Prof Ari mengatakan bahwa secara umum peningkatan kasus penyakit pascabanjir dan musim penghujan didasarkan pada penyebaran 3 kelompok panyakit.

Jabodetabek Banjir Waspada Sederet Penyakit Ini Pascabanjir!


Loading...