Usai Perayaan Tahun Baru, Volume Sampah di Cianjur Capai 200 Ton

Usai Perayaan Tahun Baru, Volume Sampah di Cianjur Capai 200 Ton
Petugas kebersihan mengangkut sampah di kawasan Alun-alun Cianjur. (Foto: Ismet Selamet/detikcom)
Editor: S.N.A Hot News —Kamis, 2 Januari 2020 08:14 WIB

Terasjabar.id - Volume sampah di hari pertama 2020 di Kabupaten Cianjur mencapai 200 ton atau mengalami peningkatan hingga 10 ton dibandingkan hari biasa. Sampah didominasi plastik botol minuman dan kantong makanan.

Dilansir dari Detik.com, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cianjur Sumarna mengatakan peningkatan volume sampah terjadi lantaran adanya momentum perayaan menyambut pergantian tahun.


Rata-rata peningkatan volume sampah itu dari kawasan perkotaan, terutama kawasan Alun-Alun Cianjur. "Dari enam armada yang disiapkan untuk menyisir sampah di wilayah perkotaan, dua di antaranya mengangkut sampah dari Alun-alun. Biasanya hanya satu armada truk sampah, yang setiap truk bisa mengangkut maksimal 5 ton sampah," ujar Sumarna, Rabu (1/1/2020).

Sumarna menjelaskan, bila diakumulasikan dari 11 kecamatan yang dilayani pengangkutan sampahnya oleh DLH, volume sampah usai malam pergantian tahun itu mencapai 200 ton. Padahal, biasanya volume sampah per hari hanya 180-190 ton.

Sampah plastik bekas minuman botol dan kantong makanan masih mendominasi sampah yang diangkut oleh petugas. "Khusus di alun-alun sampahnya kebanyakan masih dibuang sembarangan, kesadaran pengunjung masih minim. Padahal sudah ada imbauan agar sampah dibuang pada tempatnya," ujar Sumarna.

Peningkatan volume sampah tersebut membuat tumpukan sampah di TPAS Pasir Sembung semakin tinggi. Sebab saat ini kondisi TPAS sudah melebihi daya tampung.

"Kami sedang upayakan TPAS baru di Cikalongkulon, sehingga setiap momen hari besar seperti ini tidak membuat gunung sampah di Pasirsembung terus meninggi. Namun yang lebih penting ialah bagaimana menyadarkan warga untuk tidak buang sampah sembarangan," tutur Sumarna.

Usai Perayaan Tahun Baru Volume Sampah di Cianjur Capai 200 Ton


Loading...