Aturan Ganjil Genap Ditiadakan di Jakarta Hari Ini

Aturan Ganjil Genap Ditiadakan di Jakarta Hari Ini
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Foto: iNews.id/Wildan Catra Mulia)
Editor: Admin Hot News —Kamis, 2 Januari 2020 07:37 WIB

Terasjabar.id - Kebijakan ganjil genap yang biasanya diterapkan untuk membatasi volume kendaraan di Jakarta, khusus untuk Kamis (2/1/2020) ini ditiadakan. Hal itu diungkapkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menyusul musibah banjir yang melanda sebagian wilayah Ibu Kota sejak dini hari kemarin.

“Kebijakan ganjil genap memang besok ditiadakan karena kita menyadari sebagian kawasan-kawasan yang ada di Jakarta itu belum tentu bisa dilewati oleh masyarakat,” kata Anies di Pintu Air Manggarai, yang dikutip dari inews.id, Rabu (1/1/2020) malam.

Kendati besok aturan ganjil genap tidak diberlakukan, masih ada kemungkinan kebijakan itu diberlakukan pada hari berikutnya, jika proses perbaikan atau pun pemulihan fasilitas-fasilitas umum di Jakarta sudah selesai. “Besok tidak ada. Tapi buat lusa belum ada keputusan, statusnya kalau lusa masih ada ganjil genap. Jadi hari Kamis ga ada ganjil genap. Tapi Jumat (3/1/2020) bisa jadi udah ada kalau kondisi kondusif,” ujarnya.

Mantan rektor Universitas Paramadina itu pun menyarankan masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum dibandingkan membawa kendaraan pribadi. Ini karena masih banyak daerah yang terdampak banjir dan mengalami kelumpuhan jalur lalu lintas.

“Saya anjurkan untuk mengurangi kendaraan bermotor di jalan raya sampai seluruh kawasan memang sudah bebas dari genangan banjir hingga tidak terjebak dalam banjir,” tutur Anies.

Wilayah DKI Jakarta dikepung oleh banjir pada hari pertama Tahun Baru 2020. Beberapa daerah masih terendam oleh banjir seperti di Kampung Pulo, Jakarta Timur, dan; Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Aturan Ganjil Genap Ditiadakan di Jakarta Ganjil Genap Jakarta


Loading...