Advertisement

Tiga Puluh Rumah di Padalarang Rusak Berat Diterjang Banjir Bandang

Tiga Puluh Rumah di Padalarang Rusak Berat Diterjang Banjir Bandang
Whisnu Pradana
Editor: Epenz Teras KBB —Rabu, 1 Januari 2020 17:18 WIB

Terasjabar.id, Padalarang - Sedikitnya 77 rumah warga di Kampung Pajagalan RT RT 05/02 Desa Cipeundeuy, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) direndam banjir setinggi 1,5 meter, Selasa (31/12/2019) sore.

Dari 77 rumah yang menjadi tempat tinggal 300 jiwa itu, 30 rumah diantaranya mengalami kerusakan paling parah sedangkan sisanya kerusakan kategori sedang.

Gambar mungkin berisi: Apep Sukarsa, berdiri

"Hampir 90 persen rusak berat. Ada juga yang rusak sedang. Kalau Barang-barang hancur enggak terselamatkan," ungka Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Barat, Duddy Prabowo saat ditemui, Rabu (1/1/2020).

Banjir yang menerjang saat hujan deras itu disebabkan robohnya benteng pembatas antara permukiman warga dengan aliran sungai, sehingga airnya langsung merendam rumah warga.

"Ada yang dindingnya jebol sampai ambruk. Kalau harta benda seperti barang elektronik dan surat-surat berharga semua rusak," katanya.

Untuk penanganan sementara, lanjut Duddy, akan dibangun tanggul agar luapan air dari sungai tidak lagi masuk ke pemukiman warga.

"Yang jebol itu benteng panjangnya 30 meter. Kalau tingginya sekitar 2 meter. Memang debit airnya kemarin sangat deras," jelasnya.

Cucun (29), warga Kampung Pajagalan yang terdampak mengaku resah akan adanya banjir susulan. Pasalnya, musim penghujan masih akan terjadi.

Gambar mungkin berisi: 1 orang

"Iya khawatir banjir lagi kalau hujan besar. Ini juga sudah parah. Sebelum ini memang pernah banjir, tahun 2002, tapi ini yang paling parah," katanya.

Saat ini ia dan kakaknya yang tinggal berdampingan mengungsi ke rumah orangtuanya yang tak jauh dari lokasi banjir namun tidak terdampak.

"Kebutuhan anak yang paling penting seperti baju, pampers, sama susu. Karena ada yang masih bayi, lumayan banyak juga disini warga yang masih punya bayi," tandasnya. (SDK)

Banjir Rumah Mengalai Kerusakan Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat


Related Post



Loading...