Berikut Titik Lokasi Banjir di Kota dan Kabupaten Bekasi

Berikut Titik Lokasi Banjir di Kota dan Kabupaten Bekasi
(SINDONews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 1 Januari 2020 16:33 WIB

Terasjabar.id - Banjir setinggi 2 meter menerjang permukiman warga di Pangkalan 1A, Kelurahan Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat, akibat meluapnya kali Bekasi yang melintas di permukiman warga.

Meluapnya kali Bekasi disebabkan hujan deras yang mengguyur sejak Selasa sore hingga Rabu pagi. Sebanyak 3 RW disebutkan terendam banjir setinggi kurang lebih 2 meter.


Banjir di Bekasi (foto: Okezone/Wijayakusuma)	 

Terdapat sekira 50 kepala keluarga (KK) dari masing-masing RW yang terdampak banjir. Banyak diantaranya yang sudah mengungsi ke tempat-tempat yang lebih aman.

"Banjir dari air kali Cileungsi sudah sampai masuk ex pabrik karung," ujarnya.

Sementara sebanyak 19 desa dari 11 kecamatan di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terendam banjir dengan ketinggian 30-150 sentimeter. Banjir berasal dari luapan kali Sadang, kali Jambe dan kali Cibeet.

Kepungan banjir menyebabkan terhambatnya akses lalu lintas, pemadaman listrik dan terendamnya permukiman warga. Banyak warga yang memilih mengungsi dari kediamannya. Sampai saat ini korban terdampak dan korban mengungsi masih dalam pendataan Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi.

Dan berikut 11 kecamatan yang diterjang banjir berdasarkan data yang masuk ke Pusdalops BPBD Kabupaten Bekasi, Rabu (1/1/2020) pukul 09.50 WIB.

1. Kecamatan Tambun Selatan, diantaranya Perumahan Jati Mulya RW 11 RT 20 (30-150 sentimeter), Kampung Tambun RT 06 RW 01 (50-80 sentimeter) dengan warga terdampak 200 KK, Kelurahan Tridaya (100 sentimeter), Perumahan Papanmas Mekarsari (100 sentimeter), Perumahan Metland Tambun (50 sentimeter), Perumahan Villa Setiamekar Tambun (30-80 sentimeter).

2. Kecamatan Cibitung, diantaranya Perumahan Villa Mutiara Wanasari RT 07 RW 34 Cibitung (60 sentimeter), Perumahan Gramapuri Desa Wanasari (60 sentimeter), Perumahan Trias Desa Wanasari (60 sentimeter), Perumahan Villa Mutiara Jaya Blok M 32/22 Desa Wanajaya (60 sentimeter).

3. Kecamatan Setu, yakni di Perumahan Griya Rahayu Regensi Desa Taman Rahayaan (100 sentimeter), Perumahan Griya Pratama Mas Desa Cikarageman (100 sentimeter), dengan warga terdampak 400 KK.

4. Kecamatan Cikarang Barat, diantaranya Perumahan Kalijaya Desa Kalijaya (30-80 sentimeter), Kawasan MM2100 Jalan Irian Jatiwangi PT Sliontec hingga PT Mandom.

5. Kecamatan Babelan, yakni Perumahan Villa Gading Harapan (pintu timur) Desa Kebalen (30-60 sentimeter) dan Desa Babelan Kota.

6. Kecamatan Cikarang Pusat, yakni Parung Lesang dan Tanjung Lesung Desa Pasirranji (30-70 sentimeter) dengan warga terdampak 10 KK.

7. Kecamatan Cikarang Utara, di Kampung Cibeber Jalan Selayar Karangharja RT 09 RW 08.

Banjir di Bekasi (foto: Okezone/Wijayakusuma)	 

8. Kecamatan Cikarang Selatan, di Perumahan BCM (50 sentimeter).

9. Kecamatan Tambun Utara, di Perumahan Graha Prima Desa Satria Jaya dan Taman Kintamani Desa Jejalenjaya.

10. Kecamatan Serangbaru, di Perumahan Telaga Harmony Residence Desa Sukasari (140 sentimeter), dengan warga terdampak 250 KK.

11. Kecamatan Tarumajaya, di Desa Segara Makmur (50-60 sentimeter) dengan warga terdampak sebanyak 40 RT, dan 60 KK pada masing-masing RT.

Pihak BPBD bersama kepolisian dan aparat setempat juga menyiapkan sejumlah kebutuhan dasar dan logistik, seperti perahu karet, tenda dan perlengkapan dapur untuk warga pengungsi. Disadur dari Okezone.com

Banjir Banjir di Kota Bekasi Jawa Barat BPDB Kabupaten Bekasi


Loading...