Diterjang Banjir, Dinding Dapur Rumah Hendra Jebol

Diterjang Banjir, Dinding Dapur Rumah Hendra Jebol
(Foto: Whisnu Pradana)
Editor: Admin Teras KBB —Rabu, 1 Januari 2020 11:45 WIB

Terasjabar.id - Sedikitnya 8 rumah di Perumahan Cimareme Indah, Blok D RT 04/03, Desa Margajaya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), mengalami kerusakan akibat banjir bandang yang terjadi pada Selasa (31/12/2019) sore.

Salah satunya rumah milik Hendra (51), warga Perumahan Cimareme Indah Blok D 2, bagian dinding dapurnya jebol hingga menyisakan lubang besar.

"Jadi kemarin setelah air masuk ke rumah itu langsung jebol dinding dapurnya. Terus dinding kamar juga mulai retak-retak, khawatir ikut jebol juga," ujar Hendra saat ditemui di rumahnya, Rabu (1/1/2020).

Setelah kejadian, ia mengungsikan istri serta dua anaknya ke pengungsian terdekat. Sedangkan ia berusaha menyelamatkan barang yang bisa diselamatkan.

"Saya balik lagi ke rumah, kalau istri sama anak udah di madrasah mengungsi. Kejadiannya cepet banget, ketinggian banjir itu sekitar 1 meter," katanya.

Ia dan warga lain yang rumahnya mengalami kerusakan parah, meminta pada pihak terkait untuk menyuplai logistik bangunan, seperti kayu, bambu, dan terpal.

(Foto: Whisnu Pradana)

"Perlu sekali kayu untuk menyangga dinding, yang penting jebolnya enggal semakin parah. Terpal juga butuh, biar engga ada binatang yang masuk," jelasnya.

Ketua RT 04, Yayat Ruhyat mengatakan, selain terendam lumpur ada rumah warga di perumahan tersebut yang rusak parah hingga bagian dindingnya jebol akibat diterjang banjir bandang setelah tanggul irigasi di sekitar perumahan jebol.

"Dari 150 rumah yang terdampak banjir bandang, 8 rumah yang lainnya jebol," ujar Yayat saat ditemui di di Perumahan Cimareme Indah.

Untuk sementara ini, kata dia, warga membutuhkan banyak air bersih untuk membersihkan lumpur di dalam dan diluar rumah mereka, tetapi yang paling penting warga akan membetulkan tanggul yang jebol.

"Karena saat ini masih terjadi hujan deras, kami khawatir ada banjir susulan yang airnya membawa lumpur dan sampah," katanya. (SDK)

 

Diterjang Banjir Dinding Dapur Rumah Hendra Jebol Perumahan Cimareme Indah Ngamprah Kabupaten Bandung Barat (KBB)


Loading...