Diterjang Banjir Warga Cimareme Habiskan Tahun Baru di Pengungsian

Diterjang Banjir Warga Cimareme Habiskan Tahun Baru di Pengungsian
(Foto: Whisnu Pradana)
Editor: Admin Teras KBB —Rabu, 1 Januari 2020 07:38 WIB

Terasjabar.id - Ratusan warga Perumahan Cimareme Indah Blok D RT 04/03, Desa Margajaya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terpaksa melewatkan pergantian malam tahun baru di pengungsian.

Hal tersebut lantaran rumah warga diterjang banjir pada Selasa (31/12/2019) sore. Warga diungsikan di dua lokasi, yakni Masjid Al-Ikhlas dan Madrasah At-Tiin di, Kampung Caringin Babakan, RT 03/03, Desa Margajaya.

Ketua RW 03 Desa Margajaya, Muhammad Zaenudin mengatakan, kurang lebih ada 70 Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah 350 jiwa yang berada di wilayahnya. Namun yang mengungsi di dua tempat tersebut diperkirakan sekitar 150 jiwa.

"Sisanya ada yang mengungsi ke rumah sodaranya. Ada yang ke Cimahi dan sebagainya," ujarnya saat ditemui di lokasi.

Dikatakannya, banjir besar ini baru pertama kali dialami warganya. Penyebabnya sendiri dikarenakan tanggul (benteng) penahan air yang berbatasan dengan RW 04 jebol diterjang air deras.

(Foto: Whisnu Pradana)

Untuk sementara ini, ia mengintruksikan warganya agar bertahan di pengungsian atau rumah kerabatnya hingga tanggul diperbaiki lagi.

"Saya khawatir kalau kembali sementara benteng (tanggul) belum diperbaiki malah akan banjir lagi. Ini untuk keselamatan," imbuhnya.

Maryam (72), warga Perumahan Cimareme Indah, mengatakan ia sempat pasrah saat banjir setinggi 1 meter lebih merendam rumahnya. Ia yang tinggal sendiri sedang dalam kondisi sakit dan tak bisa berjalan.

"Saya tadi lagi di dalam rumah, terus tiba-tiba banjir. Memang hujannya deras sekali. Saya ya udah pasrah, tapi untung ada tetangga yang masuk terus ngegendong saya keluar," katanya.

Semua harta bendanya habis direndam banjir. Ia berharap ada bantuan dari pemerintah. Malam ini, ia terpaksa tidur beralaskan karpet di pengungsian bersama warga lainnya. (SDK)

 

 

 

Banjir Cimareme Warga Cimareme Tahun Baru di Pengungsian KBB Kabupaten Bandung Barat


Loading...