Advertisement

Cara Hapus Akun Instagram, Facebook, dan WhatsApp

Cara Hapus Akun Instagram, Facebook, dan WhatsApp
com-Aplikasi media sosial. Foto: Shutterstock
Editor: Dea Teras Techno —Rabu, 25 Desember 2019 17:20 WIB
Terasjabar.id - Beberapa orang ingin menghapus media sosial mereka, entah itu Instagram, Facebook, atau WhatsApp. Alasannya pun beragam, mulai dari sudah jarang memainkan akun mereka, ingin melindungi privasi, ataupun merasa bosan dengan konten yang itu-itu saja.

Sebelum hapus media sosial, ada beberapa catatan yang perlu kalian ingat. Jika menonaktifkan akun, kamu masih bisa mengaktifkannya kembali dalam jangka waktu yang disediakan platform media sosial yang bersangkutan. Namun, jika kamu menghapus akun, berarti kamu akan kehilangan akses secara total dan akun media sosialmu benar-benar ‘lenyap’.

Melansir dari kumparan.com, berikut rangkuman cara hapus akun Instagram Facebook, dan Whatsapp. Kamu bisa melihat langkah-langkahnya berikut ini.


Ilustrasi Instagram
Ilustrasi Instagram. Foto: REUTERS/Dado Ruvic
Instagram

1. Buka halaman ‘Menghapus Akun Anda’ melalui link instagram.com/accounts/remove/request/permanent/ di desktop. Kamu perlu login terlebih dahulu ke dalam akun Instagram-mu di desktop. Pasalnya, Instagram tidak menyediakan fitur untuk menghapus akun di dalam aplikasi mobile mereka.

2. Masukkan alasan kenapa kamu ingin menghapus akun di tab ‘Mengapa Anda menghapus akun Anda?’. Setelah itu, Instagram akan meminta kamu menuliskan password akun Instagram kamu.

3. Klik ‘Hapus akun saya secara permanen’.

Sebagai catatan, kamu tidak akan bisa lagi bisa memakai nama pengguna dari akun Instagram yang sudah kamu hapus, baik untuk mendaftar kembali ataupun menambahkan nama pengguna tersebut ke akun lainnya. Instagram juga tidak akan dapat mengaktifkan ulang akun yang sudah dihapus secara permanen.


KONTEN SPESIAL, Life 'Without' Socmed, Sosial media, Ilustrasi pengguna Facebook
Ilustrasi pengguna Facebook. Foto: Reuters
Facebook

1. Klik tanda ‘V’ di pojok kanan atas Facebook versi desktop.

2. Pilih ‘Pengaturan’, lalu pilih ‘Informasi Facebook Anda’ di kolom kiri.

3. Klik ‘Penonaktifan dan Penghapusan’.

4. Pilih ‘Hapus Akun’, lalu klik ‘Lanjutkan ke Penghapusan Akun’.

5. Masukkan kata sandi akun Facebook kamu dan pilih ‘Lanjutkan’, lalu klik ‘Hapus Akun’.

Berbeda dengan Instagram, Facebook menyediakan tenggat waktu 30 hari untuk penggunanya mengaktifkan kembali akun yang sudah mereka hapus. Setelah 30 hari, akun kamu akan dihapus secara permanen.

Untuk mengaktifkan kembali akun Facebook yang sudah dihapus, cukup login seperti biasa di Facebook. Lalu, pilih ‘Batalkan Penghapusan’.


Ilustrasi Whatsapp
Ilustrasi Whatsapp. Foto: Reuters/Dado Ruvic
WhatsApp

1. Buka WhatsApp.

2. Pilih tiga titik vertikal di bagian pojok kanan atas, lalu pilih ‘Setelan’, kemudian ‘Akun’, lalu pilih ‘Hapus akun saya’.

3. Masukkan nomor telepon kamu.

4. Klik ‘Hapus akun saya’.

5. Pilih alasan kenapa kamu mau menghapus akun WhatsApp di kolom yang disediakan.

6. Klik ‘Hapus akun saya’.

Perlu diingat, WhatsApp tak memberikan kesempatan kedua untuk penggunanya mengaktifkan kembali akun yang sudah dihapus. Jika kamu sudah menghapus akun, WhatsApp akan menghapus kontak kamu dari semua grup WhatsApp kamu, riwayat pesan, dan cadangan riwayat pesan yang ada di Google Drive.

Cara Hapus Akun Instagram Facebook WhatsApp


Related Post



Loading...