Advertisement

Deretan 'Obat Alami' yang Bisa Membantu Tubuh Kebal dari Sakit

Deretan 'Obat Alami' yang Bisa Membantu Tubuh Kebal dari Sakit
Ilustrasi obat herbal. (Foto: iStock)
Editor: S.N.A Teras Health —Minggu, 22 Desember 2019 10:00 WIB

Terasjabar.id - Cuaca yang tak menentu dan derasnya musim hujan bisa menurunkan sistem imun tubuhmu. Sehingga tubuhmu lebih rentan sakit, apalagi dengan kesibukan yang semakin menumpuk.

Mungkin beberapa di antara kita lebih menyenangi menenggak suplemen vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh. Namun sebenarnya ada bahan-bahan alami yang bisa dijadikan obat untuk membantu tubuhmu lebih kebal dari terserang sakit, seperti berikut ini dikutip dari DetikHealth:

1. Kunyit

Kunyit dikenal akan kandungan anti-inflamasi dan antioksidannya, jadi obat terbaik untuk meredakan nyeri otot dan pemulihan secara keseluruhan. Ramuan obat yang dikenal karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya, kunyit disebut-sebut sebagai bantuan potensial untuk sakit otot dan pemulihan secara keseluruhan.

"Studi telah menunjukkan bahwa senyawa aktif dalam kunyit dapat membantu mengendalikan respons inflamasi selama periode penekanan sistem kekebalan," kata Patel, dari studi Januari 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Immunology.

2. Bawang putih

Bawang putih tidak hanya digunakan dalam masakan tetapi juga bermanfaat sebagai obat. Bahkan bawang putih mengandung senyawa yang membantu sistem kekebalan tubuh melawan kuman penyebab penyakit. Bawang putih mengandung senyawa yang disebut dengan alliin. Saat bawang putih dihancurkan atau dikunyah, senyawa ini berubah menjadi allicin.

Allicin mengandung belerang sehingga memberikan bau dan rasa yang khas. Senyawa ini telah terbukti mampu meningkatkan respon tubuh untuk melawan beberapa jenis penyakit seperti pilek dan flu.

3. Ginseng

Ginseng telah populer sebagai obat herbal yang ampuh mengatasi berbagai masalah kesehatan. Ginseng terbagi menjadi dua jenis yaitu ginseng Asia atau Korea (Panax ginseng) dan ginseng Amerika (Panax quinquefolius). Beberapa penelitian menemukan bukti bahwa ginseng dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Untuk membuktikan khasiat ginseng pada sistem kekebalan tubuh, dilakukan penelitian pada 36 orang yang menderita kanker perut dan telah menjalani operasi. Peneliti memberikan 5.400 mg ginseng setiap hari selama dua tahun. Hasilnya, para pasien ini mengalami peningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengalami kekambuhan gejala yang lebih rendah dari sebelumnya.

Deretan 'Obat Alami' yang Bisa Membantu Tubuh Kebal dari Sakit


Related Post


 


Loading...