Advertisement

SMK IT Muhajirin Kerjasama Suzuki Luncurkan TeFa Bengkel TKR

SMK IT Muhajirin Kerjasama Suzuki Luncurkan TeFa Bengkel TKR
Editor: S.N.A Pendidikan —Kamis, 19 Desember 2019 08:20 WIB

Terasjabar.id - Guna menunjang serta mempersiapkan menghadapi era revolusi industri 4.0, SMK IT Muhajirin terus berupaya menanamkan serta menumbuhkembangkan kualitas kompetensi keahlian atau keterampilan yang berkarakter dan etos kerja pada peserta didiknya.

Untuk kali pertama, SMK IT Muhajirin kerjasama PT. Nusantara Jaya Sentosa, Suzuki Mobil Bandung meluncurkan program industri di sekolah atau Teaching Factory (TeFa) Bengkel jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO).

Acara launching produk/jasa Teaching Factory dan Pembelajaran  Industri 4.0 "smart school" dilaksanakan di lapangan upacara SMKN IT Muhajirin, di Jl. Kramat Godog, Kp. Cogreg RT. 01 RW. 09 Desa Tanjungsari, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (18/12/2019).

Kepala SMK IT Muhajirin, Uloh Saepulloh, S.Ag., mengucapkan terima kasih kepada Suzuki Mobil Bandung dan Garut yang telah memberi kepercayaan, guna meningkatkan kualitas pembelajaran dan kemampuan peserta didik jurusan TKRO dalam produksi barang/jasa.

“Mudah-mudahan memberikan manfaat dan memotivasi kegiatan di SMK Islam Terpadu Muhajirin, meningkatkan kualitas serta saling menguntungkan,” ujarnya.

Selain itu tambah Uloh, sedikitnya ada tiga keuntungan dari program Tefa bengkel ini diantaranya, menambah wawasan, pengalaman bisa berhadapan langsung dengan konsumen, dan pengalaman situasi mengelola bengkel.

“Sebagai awal, karena bengkel di sekolah selain untuk pembelajaran juga melayani untuk umum berupa service ringan, melayani ganti oli mobil/motor, charge/setrum Accu, dengan harga murah,” jelas Uloh, karena sekolah tidak komersil.

Menurut Uloh, peserta didik dibimbing oleh guru yang sebelumnya telah di latih oleh Suzuki Mobil Bandung, termasuk peserta didik kedepannya akan mendapatkan pelatihan.

"Dengan program TeFa Begkel ini peserta didik akan ditempa disiplin, tanggungjawab, jujur, kerjasama, kepemimpinan, dan lain-lain sesuai kebutuhan dunia usaha/dunia industri (Du/Di)," jelasnya.

Selain Launching Bengkel Teaching Factory (TeFa) yang dihadiri seluruh peserta didik, tokoh Masyarakat dan Agama, SMK IT Muhajirin sekaligus melaksanakan Parenting orang tua siswa dalam memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW dengan tema “Sinergitas Keluarga, Sekolah dan Masyarakat Dalam Membentuk Generasi Yang Berkarakter di Era Milenial”.

Sementara itu perwakilan Suzuki Mobil Bandung, Drs. Toni Sugiharto mengapresiasi, bahkan berjanji selain guru yang dilatih perserta didik pun akan medapatkan pelatihan baik di Bandung maupun di Garut.

“Ini sebagai awal bangkitnya indutri di sekolah jurusan TKR, anak-anak akan tahu seperti apa itu bengkel sesuai kebutuhan industri,” ujar Toni, dan semoga kerjasama ini berjalan baik dan berkelanjutan sesuai harapan.

(Perwakilan Suzuki Mobil Bandung, Drs. Toni Sugiharto bersama Kepala SMK IT Muhajirin, Uloh Saepulloh, S.Ag., saat meninjau Teaching Factory Bengkel TKR.)

Toni menjelaskan, pihak Suzuki Bandung hanya mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) saja, sedangkan untuk peralatan Suzuki di Jakarta.

“Sekolah begitu banyak dan semua punya program TeFa, karena banyak peminat jadi tak mungkin semua biasa bekerja di perusahaan otomotif, untuk itu tentu dengan kerjasama ini dalam mempersiapkan SDM berkualitas supaya bisa mandiri,” pungkasnya.


(Jajang Sukmana)

SMK IT Muhajirin Kerjasama Suzuki Luncurkan TeFa Bengkel TKR


Related Post


 


Loading...