Advertisement

Kenalkan Mawang, Musisi Indie Bandung Viral karena Lirik Lagunya Aneh

Kenalkan Mawang, Musisi Indie Bandung Viral karena Lirik Lagunya Aneh
Mawang, Musisi Indie Bandung Viral karena Lirik Lagunya Aneh. (SuaraJabar.id/Aminudin)
Editor: S.N.A Teras Bandung —Selasa, 10 Desember 2019 15:45 WIB

Terasjabar.id - Media sosial digemparkan dengan aksi menawan musisi asal Bandung Mawang yang tak lazim membawakan sebuah lagu. 'Kasih Sayang Kepada Orang Tua' begitulah judul lagu yang dibawakan Mawang dan videonya diunggah di YouTube sejak 29 Juli 2019, lalu.

Video berdurasi 4.11 menit itupun seketika viral dan terkini video itu sudah ditonton sebanyak 24 juta kali. Mawang pun mulai tenar dan kini sibuk manggung.

Dilansir dari Suara.com, Lagu Kasih Sayang Kepada Orang Tua memang unik. Mawang membawakan lagu itu dalam format akustik. Namun, yang menjadi unik dan banyak ditonton lantaran lirik lagu itu berisi kalimat tidak jelas dan sekilas seperti bunyi sebuah mantra.

Dalam liriknya, Mawang mendendang 'Nuhu nahi nuhu nahina hiaak'. Lirik itu diulang kembali oleh Mawang. Kemudian, di bagian reffrain, Mawang hanya berteriak 'Aaaaaa' sambil mempercepat nada gitarnya.

Pria asal Banjaran, Kabupaten Bandung, itu bercerita lagu itu terinspirasi dari kesehariannya bermain musik. Menurut dia bahasa yang digunakan dalam lirik lagu itu merupakan bahasa universal yang sebetulnya sangat susah sekali dimengerti, lantaran ucapan kasih sayang kepada orang tua itu abstrak. Dengan kata lain, Mawang menilai bahasa pun terkadang tak mampu mewadahi ungkapan kasih sayang kepada orang tua.

"Inspirasinya pasti terlahir atas dasar pencarian juga pengalaman. Pencarian sebuah karya komposisi dalam bermusik sesuai pengalaman saya di wilayah seni musik," kata Mawang saat ditemui Suara.com usai tampil di acara festival buku Pasir Biru, di aula Teras Sunda, Cibiru, Bandung, Senin (9/12/2019).

"Bagaimana caranya menempatkan suatu peristiwa musikal ke dalam suatu pertunjukan. Ya peristiwa musikalnya juga di berbagai ranah yang harus dipikirkan dan gak harus ada suatu lirik yang secara verbal diucapkan tapi bahasanya jadi universal," lanjutnya.

Terkini, Mawang mengaku cukup sibuk lantaran harus bernyanyi dari panggung ke panggung. Mawang pun kini meraup popularitas di jalur musik indie.

Mawang merupakan sarjana lulusan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI). Dia mulai menempuh kuliah di ISBI mengambil jurusan Seni Karawitan pada 2011, lalu. Setelah lulus pada lima tahun berikutnya, Mawang tak melepaskan atributnya untuk bermain musik.

Meskipun, pada awal kelulusannya Mawang pun sempat menjadi pengajar alias guru honorer di beberapa sekolah di Bandung. Namun, di sela kesibukannya menjadi pengajar seni musik, Mawang pun curi-curi waktu untuk menciptakan sebuah lagu hingga membantu mengisi bagian musik dalam sebuah pertunjukan seni teater.

"Saya dulu sempat ngajar di beberapa sekolah, tapi sekarang saya hanya ngajar di SMP PGRI saja, susah juga ngatur waktunya karena udah banyak tampil di luar kota," ucapnya.

Kenalkan Mawang Musisi Indie Bandung Viral karena Lirik Lagunya Aneh


Related Post


 


Loading...