Advertisement

Viral Kisah Desy Nurhakiki, Ini Penyebab Serangan Jantung pada Wanita Muda

Viral Kisah Desy Nurhakiki, Ini Penyebab Serangan Jantung pada Wanita Muda
(Detik Health : Google)
Editor: A.KUIPERS 54 Teras Health —Minggu, 8 Desember 2019 13:20 WIB

Terasjabar.id - Serangan jantung adalah kondisi yang terjadi ketika aliran darah yang mengangkut oksigen ke otot jantung tiba-tiba terhambat. Kondisi ini pulalah yang diduga merenggut nyawa Desy Nurhakiki, selebgram yang masih berusia 25 tahun.

Spesialis jantung dari RS Siloam Karawaci, dr Vito A Damay, SpJP, mengatakan meski kasus serangan jantung pada wanita muda relatif jarang, ada beberapa penyebab atau kondisi yang bisa menambah risikonya.



"Perempuan yang terkena penyakit jantung koroner pada usia relatif muda adalah perokok, perempuan dengan diabetes tidak terkontrol atau dengan kelainan jarang seperti autoimun. Biasanya perempuan muda yang mengalami serangan jantung di usia relatif muda memiliki faktor risiko tersebut," katanya dilansir dari detik.com, Minggu (8/12/2019).


Dijelaskan oleh dr Vito, kemungkinan lain perempuan meninggal di usia muda bisa karena aneurisma otak atau pembuluh darah. Pembuluh darah aorta adalah pembuluh darah utama di rongga dada hingga perut.



Terdapat kelainan bawaan yang merupakan aneurisma yakni jika dinding pembuluh darah menggelembung. Jika tak tertangani dan pembuluh darahnya robek maka darah akan dengan cepat keluar yang bisa menyebabkan kematian mendadak.



"Selain itu tentu pikirkan juga faktor luar yang tidak alami, obat-obatan, atau zat racun. Memang kasus perempuan meninggal di usia muda secara mendadak karena sebab natural sebenarnya tergolong jarang," pungas dr Vito.



Serangan jantung kini tak mengenal usia dan bisa menyerang kapan saja terlebih jika memiliki faktor risiko seperti kelebihan berat badan, memiliki diabetes, kolesterol, dan tekanan darah tinggi.

desy nurhakiki serangan jantung kejang-kejang penyebab serangan jantung faktor pemicu serangan jantung kena serangan jantung


Related Post



Loading...