Advertisement

Sebagian Jamaah Haji Jabar Berangkat dari Bandara Kertajati Mulai 2020

Sebagian Jamaah Haji Jabar Berangkat dari Bandara Kertajati Mulai 2020
Menag Fahrul Razi (kanan) dan Menhub Budi Karya Sumadi usai melakukan pertemuan di Kantor Kemenag, Jakarta, Jumat (6/12/2019). (Foto: Kemenag).
Editor: Dea Hot News —Sabtu, 7 Desember 2019 07:47 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah memutuskan untuk menggunakan Bandara Kertajati di Kabupaten Subang, Jawa Barat, sebagai terminal keberangkatan jamaah haji asal Jawa Barat pada musim haji 1441Hijriah/2020 Masehi. Direncanakan penerbangan itu dilakukan pada Februari 2020.

Dikutip dari inews.id, keputusan ini disampaikan Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi usai mengadakan pertemuan dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi di Kantor Kementerian Agama, Jakarta. Dikutip dari laman resmi Setkab, pertemuan yang berlangsung selama 45 menit ini dihadiri jajaran Kementerian Perhubungan, Pemprov Jawa Barat, perwakilan Garuda Indonesia, dan pihak terkait lainnya.

“Kami sepakat bahwa tahun ini kami harus langsung memberangkatkan jamaah dari Bandara Kertajati. Hambatan-hambatan pasti ada, tapi nanti akan kita pecahkan bersama,” kata Fachrul, Jumat (6/12/2019). Dia menambahkan, untuk mempercepat proses penyiapan Bandara Kertajati, Menag mengaku telah memerintahkan jajarannya untuk segera membentuk tim kecil.

Menhub Budi Karya juga sepakat untuk mempercepat proses persiapan penggunaan Bandara Kertajati. Mengenai hambatan, Kemenhub akan bersama-sama dengan Kemenag dan pihak terkait lain untuk menyelesaikan.

“Dan yang hebat Pak Menteri Agama sudah menugaskan kepada kita semuanya, minggu depan sudah mulai kerja untuk menyelesaikan masalah Kertajati ini,” ucap Budi Karya.

Menurut dia, pemerintah menargetkan dari 97 kelompok terbang (kloter) di Embarkasi Jabar, 20 di antaranya akan diberangkatkan dari Bandara Kertajati. Namun, semakin banyak akan lebih bagus.

Selain haji, pemerintah juga akan mulai menggunakan Bandara Kertajati bagi jamaah umrah. “Jamaah umrah itu, di Jawa Barat bagian timur, ada 180.000 jemaah per tahun. Jadi kita harapkan, yang diberangkatkan dari Kertajati, ada satu flight diberangkatkan dari sana,” ucapnya.

Menurut Menhub, pemberangkatan umrah dari Bandara Kertajati akan dilaksanakan mulai 1 Februari.

Jamaah Haji Jabar Berangkat Haji Bandara Kertajati Mulai 2020 Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi


Related Post



Loading...