Advertisement

#MudahnyaCetakKTP, Begini Cara Cetak E-KTP Dengan Mudah Cukup Ikuti Langkah-langkah Berikut ini

#MudahnyaCetakKTP, Begini Cara Cetak E-KTP Dengan Mudah Cukup Ikuti Langkah-langkah Berikut ini
Floresa.co
Editor: Malda Teras Seleb —Kamis, 5 Desember 2019 15:31 WIB

Terasjabar.id - #MudahnyaCetakKTP, Begini Cara Cetak E-KTP Dengan Mudah Cukup Ikuti Langkah-langkah Berikut ini  Proses mencetak Kartu Tanda Penduduk elektronika (e-KTP) dan Kartu Keluarga (KK) kini bisa dilakukan mandiri. Masyarakat bisa langsung mendatangi mesin Anjuangan Dukcapil Mandiri (ADM) yang dipersiapkan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri. 

Mesin ini yang dibuat mirip seperti kerja mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) telah diluncurkan bersamaan dengan digelarnya Rapat Koordinasi Nasional II yang digelar di Jakarta.

Dengan ADM, masyarakat yang ingin mencetak e-KTP tak perlu repot lagi dengan urusan administrasi.

Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan peluncuran mesin ini merupakan bagian dari upaya Dukcapil berbenah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dia berharap citra Dukcapil yang dianggap lamban dan berbelit-belit berubah menjadi semakin cepat dan responsif.

Zudan mengatakan pihaknya sempat beberapa kali melakukan uji coba hingga akhirnya mesin ADM siap dioperasikan. Dengan adanya mesin ini, layanan penerbitan dokumen kependudukan tidak perlu lagi lewat pegawai Dinas Dukcapil.

" Filosofi ADM adalah tempat layanan masyarakat untuk mencetak dokumen," kata Zudan, dikutip dari Liputan6.com dan Dream.co.id


Prinsip kerja mesin ADM serupa dengan Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine (ATM) milik bank yang biasa digunakan untuk tarik tunai. Bedanya, ATM menggunakan kartu, sementara ADM cukup dengan PIN dan kode QR.

Berikut adalah langkah dan cara mencetak e-KTP dan KK di mesin ADM yang bisa dilakukan mandiri oleh pemohon:

1. Masyarakat terlebih dahulu mengajukan permohonan ke kantor Dinas Dukcapil yang terdekat dari tempat tinggalnya.

2. Setelah permohonan selesai diproses, Dinas Dukcapil akan mengirimkan pemberitahuan melalui surat elektronik atau pesan pendek berisi Personal Identification Number (PIN) dan kode QR.

3. PIN dan kode QR yang diterima selanjutnya digunakan untuk mengakses sistem database pada mesin ADM. Masyarakat akan diminta memasukkan data untuk mengetahui databasenya.

4. Setelah database muncul, mesin ADM akan menunjukan fitur cetak. Jika menu itu ditekan, proses pencetakan segera berjalan dan dokumen akan siap beberapa saat kemudian.


Masyarakat yang ingin membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik akan semakin dipermudah. Layaknya sebuah ATM, pembuatan KTP Elektronika (e-KTP) bisa dilakukan di Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM).

Inovasi dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri diklaim akan lebih memudahkan masyarakat mencetak dokumen kependudukan seperti KTP Elektronik (e-KTP) dan Kartu Keluarga.

ADM sendiri merupakan mesin dengan kinerja menyerupai Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Mesin tersebut dapat digunakan masyarakat untuk mencetak e-KTP sendiri tanpa perlu lagi direpotkan urusan administrasi.

Dirjen Dukcapil, Zudan Arif Fakrulloh, mengatakan masyarakat yang ingin mencetak e-KTP atau dokumen kependudukan lainnya menggunakan mesin ADM bisa datang ke kantor Dinas Dukcapil terdekat. Kemudian mengajukan permohonan cetak untuk mendapatkan PIN dan password pribadi.

PIN tersebut digunakan untuk masuk ke dalam sistem database pada mesin ADM. Selain itu, PIN yang diperoleh dapat digunakan untuk pencetakan dokumen kependudukan selama dua tahun.

" Kalau dia mau cetak Kartu Keluarga, KK, ajukan permohonan cetak KK. Nanti petugas Dukcapil akan mengirim notifikasi lewat SMS, ini nomor Anda untuk mencetak KK. Proses sederhananya seperti itu," kata Zudan, dikutip dari Liputan6.com.dan Dream.co.id

E-KTP Mesin ADM Mendagri Tito Ditjen Dukcapil Cara Membuat E-KTP Mesin ADM Langkah-langkah Membuat EKTP


Related Post



Loading...