Advertisement

Dirilis Siang Ini, ASUS ROG Phone II Pakai Layar AMOLED 120Hz/1ms

Dirilis Siang Ini, ASUS ROG Phone II Pakai Layar AMOLED 120Hz/1ms
Asus ROG Phone II
Editor: Dea Teras Techno —Kamis, 5 Desember 2019 12:07 WIB

Terasjabar.id - ASUS Indonesia akan meluncurkan smartphone gaming ASUS ROG Phone II Kamis slang ini, 5 December 2019. Ponsel pintar itu hadir dengan fitur khusus gaming yang tidak dimiliki oleh smartphone lainnya, salah satunya layar AMOLED dengan refresh rate 120Hz dan response time 1ms.

“ROG Phone II merupakan smartphone gaming pertama yang menggunakan layar AMOLED 120Hz 1ms,” ujar Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia, dalam keterangannya, Rabu, 4 Desember 2019. “Fitur tersebut tidak pernah diusung merek lain, karena konsentrasi utama mereka bukanlah gaming.”

Dilansir dari tempo.co, ROG Phone II memiliki layar berukuran 6,59 inci Full HD+ dan aspek rasio 19,5:9. Dari segi desain, ROG Phone II  tidak jauh berbeda dari pendahulunya. Ponsel ini menggunakan bingkai aluminium dengan Corning Gorilla Class 6. “Untuk gamers, layar dengan refresh rate tinggi dan memiliki respons cepat sangat penting,” kata Jimmy.


Refresh rate merupakan istilah yang sering muncul ketika membahas layar digital. Refresh rate menjadi kemampuan layar untuk melakukan refresh dan menampilkan frame dalam satu detik yang ditampilkan berbentuk frekuensi dengan satuan Hertz (Hz).

Refresh rate erat kaitannya dengan berapa banyak frame yang bisa ditampilkan layar dalam satu detiknya. Misalnya, jika layar memiliki refresh rate 60Hz, maka layar hanya bisa menampilkan 60 frame per detiknya (60fps). Semakin tinggi refresh rate, jumlah frame yang ditampilkan semakin banyak, tampilan visual dan animasi akan terlihat semakin halus.

“Para gamers membutuhkan frame rate tinggi saat bermain game karena sangat berpengaruh pada setiap aksi yang dilakukannya,” tutur Jimmy. “Jika frame rate yang dihasilkan game rendah, maka tampilan animasi terlihat seperti patah-patah dan akan mengganggu respon gamer di dalam game.”

Di dunia PC, sebagian besar gamers eSport sudah terbiasa dengan standar refresh rate 144 dan 240Hz. Sementara di lini mobile gaming ROG Phone II ingin menaikkan standar gaming melalui layar 120Hz yang mampu menampilkan framerate hingga 120fps. Tak hanya itu, response time-nya pun diset ke angka yang luar biasa.

ROG Phone II dilengkapi dengan fitur gaming khusus, salah satunya adalah Air Trigger, sensor khusus di sisi bodi ROG Phone II yang bisa digunakan sebagai tombol tambahan ketika bermain game. Selain itu, terdapat port USB Type-C yang berfungsi sebagai fasilitas mengisi daya sekaligus menghubungkan berbagai aksesori khusus ROG Phone II.

Di India, ASUS ROG Phone II yang sudah diluncurkan lebih dulu pada September lalu, versi 8 GB/ 128 GB dibanderol 37.999 Rupee (sekitar Rp 7,5 juta), sedangkan model 12 GB/ 512 GB dipatok 59.999 Rupee atau Rp 12 juta. Sementara untuk harga dan spesifikasi di Indonesia akan diumumkan siang ini.

Dirilis Siang Ini ASUS ROG Phone II Layar AMOLED 120Hz/1ms Smartphone


Related Post



Loading...