Advertisement

Waspada Serangan Tawon Vespa Affinis di Cimahi!

Waspada Serangan Tawon Vespa Affinis di Cimahi!
Editor: S.N.A Teras Cimahi —Selasa, 3 Desember 2019 13:55 WIB

Terasjabar.id - Kawanan tawon jenis Vespa Affinis beberapa minggu belakangan sedang meneror banyak daerah, termasuk Kota Cimahi.

Berdasarkan catatan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Cimahi, selama 2 minggu berturut-turut penanganan sarang tawon Vespa Affinis mengalami lonjakan hingga 4 kali lipat.

"Dalam semalam ada 2 sampai 3 titik sarang tawon yang kami tangani. Selama 2 minggu ini sudah ada 15 laporan dari warga. Normalnya dalam sebulan hanya 4 laporan," ujar Komandan Regu I Damkar Kota Cimahi, Indrahadi, saat dihubungi, Selasa (3/12/2019).

Dalam beberapa kasus di luar Kota Cimahi serangan tawon Vespa Affinis menyebabkan korbannya meninggal dunia dengan kondisi tubuh membengkak.

"Di Cimahi sendiri sudah ada warga yang jadi korban sengatan tawon ini, tapi beruntung tidak sampai meninggal dunia," katanya.

Menurut Indrahadi, tawon ini biasa membangun sarang besar di dahan pohon yang tinggi, umumnya di hutan sebagai habitat aslinya. Namun aktivitas manusia, seperti perambahan hutan, merampas tempatnya bersarang hingga tawon beralih hidup di atap-atap rumah warga.

"Untuk penanganan kita lakukan pembiusan menggunakan bensin dengan media busa. Menghindari serangan pada petugas, wajib memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Kita lakukan penanganan saat malam, karena kawanan tawon sedang berkumpul jadi penanganan lebih mudah," katanya.

Pihaknya mengimbau bila menemukan sarang tawon di sekitar tempat tinggal, masyarakat segera melapor ke petugas pemadam kebakaran setempat.

"Beresiko kalau ditangani tanpa persiapan yang matang dan menggunakan pakaian pelindung. Karena rata-rata sarang tawon yang kita tangani diameternya sampai 30 mm, jadi tawonnya sudah cukup besar dan berbahaya," bebernya.

Langkah paling mudah mencegah munculnya sarang tawon tersebut yakni dengan menjaga kebersihan rumah dari bangkai-bangkai serangga dan tumpukan sampah makanan, karena keduanya adalah sumber makanan bagi tawon Vespa Affinis.

(SDK)

Waspada Serangan Tawon Vespa Affinis di Cimahi!


Related Post


 


Loading...