Advertisement

TERNYATA ! Aplikasi MOD Berbahaya, Karena Smartphone Kalian Bisa Terserang Banyak Virus, Guys

TERNYATA ! Aplikasi MOD Berbahaya, Karena Smartphone Kalian Bisa Terserang Banyak Virus, Guys
mastekno
Editor: Malda Teras Techno —Senin, 2 Desember 2019 19:13 WIB

Terasjabar.id - Mungkin gak sedikit dari kamu yang belum tau apa itu aplikasi MOD.

Aplikasi MOD adalah aplikasi yang sudah dimodifikasi dan diubah namun masih memiliki tampilan yang sama dengan aplikasi aslinya.

Banyak pengguna smartphone khususnya mereka yang suka untuk mengupdate aplikasi-aplikasi terbaru seperti aplikasi layanan musik, game, video dll.

Yang menggunakan MOD untuk memudahkan dan memberikan fasilitas lebih pada aplikasinya.

Tapi kamu tau gak sih? Penggunaan aplikasi MOD ini memiliki banyak kerawanan dan membahayakan kamu sebagai pengguna smartphone.

Yuk simak apa saja kerugian yang bisa kamu terima kalau memakai aplikasi MOD!

1. Banned

Penggunaan aplikasi MOD bisa membuat kamu dibanned oleh pihak Google.

Kok gitu? Jelas saja, karena Google telah mendeteksi penggunaan aplikasi-aplikasi yang tidak legal melalui data yang telah kamu masukan dengan akun Google yang kamu miliki.

Jika akun kamu sudah dibanned atau dilarang oleh Google, maka kamu akan mengalami kesulitan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang berasal dari Google seperti, Google Maps, Google Chrome. Google Drive, dan Gmail.

2. Terserang banyak virus

Seringkali aplikasi MOD membuat handphone berisi banyak virus karena proses pengcodingan yang tidak sempurna membuat sebuah data lebih mudah terkena virus.

Selain itu, aplikasi MOD digunakan untuk merubah kode asli dari aplikasi tersebut dan bisa juga ada kemungkinan disisipkan virus untuk merusak smartphone kamu.

Ilustrasi
Ilustrasi (Money Inc)

Banyaknya virus yang bisa menjalar di handphone kamu nantinya juga tidak akan bisa dipertanggung jawabkan oleh pihak manapun karena aplikasi MOD dibuat tanpa kita mengetahui siapa pembuat aplikasi tersebut.

3. Banyak iklan tidak jelas

Untuk kamu yang memakai aplikasi MOD siap-siap saja untuk terganggu dengan iklan yang bisa secara tiba-tiba pop up.

Iklan yang ada pada aplikasi MOD sering kali mengganggu kamu saat sedang menggunakan aplikasi karena penempatan iklan berada di tengah layar dan tentunya menghentikan kamu yang sedang asik bermain.

4. Privasi tidak aman

Saat ini kerahasiaan privasi kita sebagai pengguna media internet sangatlah penting karena sudah mulai bermunculan hacker-hacker yang bisa meretas dan menyalah gunakan data pribadi kita.

Banyak orang yang menggunakan media sosial dengan aplikasi MOD dengan iming-iming fitur dan tampilan yang berbeda seperti, Facebook MOD, Twitter MOD, atau yang lainnya.

Seperti penjelasan diatas, bahwa pembuataan aplikasi MOD ini tidak jelas hak ciptanya dan membahayakan bagi kamu dan smartphone.

Ilustrasi seorang bocah main ponsel.
Ilustrasi seorang bocah main ponsel. (New York Post via Kompas.com)

Maka dari itu, agar lebih aman dan percaya terhadap kerahasiaan data pribadimu, jauhkan penggunaan aplikasi MOD agar data pribadi kamu tidak digunakan untuk hal-hal yang jahat.

5. Merugikan aplikasi asli

Penggunaan aplikasi MOD sering kali merugikan dan membuat citra buruk untuk aplikasi resminya.

Hal ini sering terjadi untuk aplikasi yang memiliki fitur premium atau berbayar pada aplikasinya.

Fitur berbayar ini dengan sengaja dimodifikasi atau di crack dengan tujuan membebaskan pengguna dari fitur berbayar tersebut.

Selain dari sisi komersil, kerugian yang dapat diterima oleh aplikasi legal tersebut adalah penurunan citra layanan di masyarakat.

Nah, itu dia deretan bahayanya menggunakan aplikasi MOD sobat Nextren.

Ayo stop penggunaan aplikasi MOD agar keamanan kamu dan smartphone kamu dapat terjaga. (Nextren/Tribunjabar.id)




Aplikasi MOD Virus Smartphone Permainan


Related Post



Loading...