Advertisement

Satpol PP Kota Cimahi Patroli Rutin Tekan Keberadaan PKL

Satpol PP Kota Cimahi Patroli Rutin Tekan Keberadaan PKL
(Foto: Whisnu Pradana)
Editor: Dea Teras Cimahi —Jumat, 29 November 2019 14:42 WIB

Terasjabar.id - Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol) PP dan Damkar Kota Cimahi meningkatkan intensitas patroli Pedagang Kaki Lima (PKL).

Beberapa kawasan yang jadi fokus pengawasan kemunculan PKL musiman diantaranya Jalan Gatot Subroto, Jalan Amir Machmud, Jalan Gandawijaya, dan Jalan Mahar Martanegara.

"Sebetulnya patroli itu sudah agenda rutin setiap hari. Jelang natal dan tahun baru belum ada riak-riak PKL musiman, tapi kemungkinan ada namun tidak bakal seramai saat lebaran," ujar Kepala Seksi Pengendalian dan Operasi pada Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Uus Saefulloh, saat dihubungi, Jumat (29/11/2019).

Sedangkan untuk menertibkan keberadaan PKL yang sudah lama beroperasi, pihaknya setiap hari menerjunkan personel ke titik mangkal PKL, seperti di depan RSUD Cibabat, di pusat perbelanjaan, dan pusat keramaian Kota Cimahi.

"Kalau pagi dan sore disimpan personel Satpol PP karena itu jam rawan kemacetan bertepatan dengan jam masuk dan pulang kerja. Biasanya kalau ada anggota tempat mangkal itu bersih dari PKL, tapi waktu dan personelnya terbatas," tuturnya.

Untuk patroli rutin, personel Satpol PP yang terlibat biasanya berjumlah 17 orang. Setiap hari juga akan ada pergantian personel patroli.

Diakuinya, setiap melaksanakan patroli, pasti saja ada yang melanggar. Kendati terkadang banyak pelanggar yang marah dan kembali berjualan atau melanggar aturan lainnya, pihaknya tetap akan melaksanakan penertiban.

"Sampai kapanpun, Satpol PP itu akan terus menertibkan pelanggar Perda, terutama PKL dan parkir liar. Terserah mereka mau kembali berjualan di tempat terlarang, pasti akan kami razia lagi, apalagi dalihnya itu kan demi kebutuhan perut," katanya.

Saat ini pihaknya tidak mengagendakan pelaksanaan penertiban PKL. Namun penertiban PKL bakal dilakukan berdasarkan laporan dari masyarakat.

"Misalnya di Padasuka, banyak keluhan dari masyarakat dan pengendara yang terdampak kemacetan dari pasar Selasa dan Jumat. Personel diturunkan untuk pembersihan," jelasnya. (SDK)

 

Satpol PP Kota Cimahi Patroli Rutin Tekan Keberadaan PKL


Related Post



Loading...