Advertisement

HM Ridho : Institusi Dituntut Memahami Fungsi Satu Data Indonesia

HM Ridho : Institusi Dituntut Memahami Fungsi Satu Data Indonesia
Editor: Dea Teras Kuningan —Jumat, 29 November 2019 10:34 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah daerah mendukung program pemerintah pusat dalam menggalakan program Satu Data Indonesia (SDI).

Terkait program tersebut, setiap institusi pemerintah hendaknya dapat memahami dengan jelas peran dan fungsinya dalam Satu Data Indonesia.

Hal itu dikatakan Wabup Kuningan HM Ridho Suganda,  saat diwawancarai Pers didampingi Kepala  Diskominfo Kuningan Drs Tedy Suminar MSI, jajaran Badan  Pusat Statistik di Hotel Horison Sangkanurip, Rabu (27/11/2019).

Persoalan data ujar Wabup Ridho menjadi perhatian serius pemerintah daerah dan merupakan tantangan yang harus segera diselesaikan. Hal itu sebagai dampak dari ego sektoral instansi sebagai penyedia data, perbedaan konsep dan definisi, serta belum adanya kode referensi acuan yang mencakup seluruh kebutuhan data, terangnya.

Wabup Kuningan HM Ridho didampingi Kadiskominfo Drs Tedy Suminar, disambut peserta "Rakor" Institusi Statistik di Hotel Horison Sangkanurip.

“Data statistik ini merupakan syarat mutlak, dimana kita harus memiliki data. Data merupakan sumber yang paling penting sehingga harus dapat diolah dengan standar yang jelas,” lanjut  Edo sapaan akrab Wabup.

Lebih jauh dikatakan, ketersediaan data yang akurat memberikan dasar dan arahan dalam merumuskan kegiatan dan program pembangunan. Adanya kegiatan ini, setiap institusi statistik dapat mengerti dan memahami peran dan fungsinya dalam mendukung Satu Data Indonesia, tegasnya.

Menurut Ridho,  pemerintah pusat telah menyiapkan 'draft' program Satu Data Indonesia, sesuai dengan UU nomor 16 Tahun 1997 kemudian diperkuat melalui Perpres nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia. Hal itu merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggung-jawabkan, paparnya.

 

(H WAWAN JR)

HM Ridho Suganda Wabup Kuningan Institusi Dituntut Memahami Fungsi Satu Data Indonesia Kuningan


Related Post



Loading...