Advertisement

7 Cara Menghilangkan Tato dari Alami Hingga Medis

7 Cara Menghilangkan Tato dari Alami Hingga Medis
ilustrasi tato. © huffingtonpost.com
Editor: S.N.A Teras Health —Rabu, 27 November 2019 16:12 WIB

Terasjabar.id - Cara menghilangkan tato bisa dilakukan dengan berbagai cara, dari alami hingga medis. Meski menghilangkan tato permanen bukanlah hal yang mudah, tetapi ada berbagai metode yang bisa dicoba.

Tinta tato yang berwarna biru gelap atau hitam cenderung lebih mudah dihilangkan dibandingkan dengan yang berwarna hijau dan kuning. Biasanya akan memerlukan waktu cukup lama untuk benar-benar menghilangkan bekas tato.

DIlansir dari Merdeka.com, Karena tato didesain untuk menempel di kulit, tidak sedikit setelah menghilangkannya tidak bisa mengembalikan warna kulit seperti semula. Perlu bantuan perawatan dokter untuk mendapatkan hasil kulit seperti semula. Hal itu tentu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu merdeka.com merangkum cara menghilangkan tato menggunakan bahan alami hingga medis.

Secara Alami: Minyak Zaitun dan Minyak Kelapa

Dilansir dari laman Liputan6, kedua bahan ini dipercaya mampu membantu memudarkan tato yang ada di tubuh. Meski membutuhkan waktu yang cukup lama, jika diaplikasikan secara konsisten maka tato akan perlahan-lahan memudar. Caranya cukup mencampurkan minyak zaitun dan minyak kelapa dan mengoleskannya di atas tato setiap malam sebelum tidur.

Secara Alami: Madu

Madu memang dipercaya banyak mengandung manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan. Sebelumnya, madu dipercaya mampu membantu mengobati jerawat. Kini, madu juga dipercaya bisa membantu menghilangkan tato permanen. Cara pemakaiannya juga hampir sama, hanya mengoleskan madu di atas tato sesering mungkin untuk membantu mempercepat pemudaran warna tinta.

Secara Alami: Lidah Buaya

Gel dari lidah buaya mampu menghilangkan pigmen warna tinta yang menempel pada tubuh. Cara menggunakannya dengan mengambil daging lidah buaya, kemudian haluskan dengan blender. Setelah itu oleskan di atas tato dan tunggu hingga kering sebelum dibilas menggunakan air hangat.

Garam memiliki kandungan klorin dan natrium yang tinggi, sehingga mampu membantu menghilangkan tato permanen. Cara penggunaannya dengan mencampurkan garam dengan perasan air lemon kemudian mengoleskannya di atas tato dengan kapas. Gosok-gosokan kapas tersebut selama 30 menit seperti proses eksfoliasi. Setelah itu baru bilas menggunakan air hangat hingga bersih.

Perawatan Medis: Dermabrasi

Dermabrasi merupakan metode menghilangkan tato dengan menggunakan alat semacam roda yang memiliki sikat dan dapat berputar dengan kecepatan tinggi dan bertujuan untuk mengampelas lapisan kulit yang bertato. Proses ini bertujuan memudarkan warna.

Perawatan Medis: Laser

Teknik laser, bertujuan untuk memecah warna tato dengan menggunakan sinar dengan intensitas yang tinggi. Teknik laser yang digunakan biasanya YAG dan Q-switched ruby, kedua jenis ini hanya mampu menghilangkan tato berwarna biru, hitam, dan merah.

Proses menghilangkan tato dengan laser yaitu dengan menempelkan alat laser di atas tato yang bertujuan untuk menghancurkan tinta tato. Setelah proses selesai, biasanya akan terjadi pembengkakan pada kulit. Gunakan salep antibakteri untuk mengatasinya.

Perawatan laser sendiri biasanya membutuhkan proses hingga beberapa kali tergantung warna dan ukuran tato.

Perawatan Medis: Pengangkatan Jaringan Kulit

Metode ini dilakukan dengan mengoperasi bagian kulit yang bertato. Caranya dengan mengangkat area kulit yang bertato, kemudian tepian kulit sayatan disatukan dan dijahit agar kembali merekat. Metode ini cukup efektif untuk membantu menghilangkan tato, tetapi menimbulkan bekas luka bekas pengangkatan jaringan.

7 Cara Menghilangkan Tato dari Alami Hingga Medis


Related Post


 


Loading...