Advertisement

Ingin Cepat Hamil Usai Menikah? Tingkatkan Kesuburanmu Dengan Mengkonsumsi 8 Makanan Sehat Ini

Ingin Cepat Hamil Usai Menikah? Tingkatkan Kesuburanmu Dengan Mengkonsumsi 8 Makanan Sehat Ini
Editor: S.N.A Teras Health —Selasa, 26 November 2019 15:10 WIB

Terasjabar.id - Memiliki momongan dalam kehidupan pernikahan adalah kebahagiaan yang tak ternilai harganya. Namun beberapa pasangan terkadang memiliki masalah kesuburan hingga sulit untuk memiliki anak.

Dilansir dari Wowkeren.com, Tidak sedikit pasangan yang merasa sedih saat mengalami permasalahan satu ini. Apakah kamu juga merasakan hal ini? Jika iya, jangan pesimis terlebih dahulu. Karena ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi menu yang sehat yang bisa menyuburkan kandungan.

Makanan tidak hanya memberikan nutrisi dan energi, tapi juga untuk mengatur keseimbangan hormon dalam tubuh. Oleh karena itu jika kamu ingin memiliki anak segera setelah menikah atau telah lama menanti datangnya buah hati, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi beberapa makanan penyubur kandungan berikut ini.

1. Ingin Cepat Hamil? Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan Ya!


Ingin Cepat Hamil? Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan Ya!

Buah-buahan dikenal sebagai makanan sehat dengan banyak nutrisi. Di antara buah yang bisa kamu konsumsi untuk menyuburkan kandungan adalah jeruk, pisang dan alpukat. Di dalam buah jeruk terdapat banyak kandungan vitamin C yang berfungsi dalam pelepasan telur dari ovarium. Karena itulah buah satu ini harus kamu konsumsi saat berusaha memiliki momongan.

Selain jeruk, sebaiknya kamu juga mengkonsumsi pisang. Kandungan vitamin B6 di dalamnya sangat berguna untuk membantu siklus menstruasi jadi lebih teratur. Jika menstruasi teratur, maka peluang untuk hamil dan memiliki kandungan yang subur akan lebih tinggi.

Buah lainnya yang bisa kamu konsumsi agar cepat hamil adalah alpukat. Hal ini disebabkan karena alpukat mengandung vitamin K, folat dan kalium yang tinggi. Folat dapat mendukung perkembangan otak dan tulang belakang. Sedangkan vitamin K dan dan kalium bisa membantu tubuh menyerap nutrisi lain secara efektif, menjaga keseimbangan hormon dan mengatur tekanan darah.

Selain itu, berbagai macam buah beri seperti stroberi dan rasberi merah dan hitam mengandung antioksidan alami serta fitonutrien anti peradangan. Keduanya dapat meningkatkan kesuburan baik wanita maupun pria.

2. Konsumsi Banyak Daging Ikan Terutama Salmon Jika Ingin Cepat Hamil


Konsumsi Banyak Daging Ikan Terutama Salmon Jika Ingin Cepat Hamil

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang berguna untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh. Selain itu, asam lemak dan omega 3 juga dapat meningkatkan produksi sperma. Berdasarkan penelitian dalam jurnal Biology of Reproduction, pria yang rutin mengkonsumsi sumber asam lemak omega 3 memiliki kualitas sperma yang lebih baik dibandingkan dengan lelaki yang jarang mengkonsumsinya.

Di antara jenis ikan yang sangat ampuh untuk menyuburkan kandungan adalah salmon, tuna, sarden dan ikan lele. Terutama ikan salmon yang mengandung banyak sekali asam lemak omega 3 dan nutrisi penting lainnya yang sangat penting untuk meningkatkan kesuburan wanita.

3. Sering Mengkonsumsi Sayuran Hijau Juga Bisa Meningkatkan Kesuburan Loh


Sering Mengkonsumsi Sayuran Hijau Juga Bisa Meningkatkan Kesuburan Loh

Sayuran hijau adalah salah satu jenis makanan sehat penyubur kandungan yang sangat disarankan oleh para ahli gizi. Hal ini dikarenakan sayuran hijau mengandung banyak asam folat dan zat besi. Nah, zat-zat itu sangat baik untuk menyuburkan kandungan karena dapat membantu lapisan endometrium atau lapisan permukaan rahim tempat menempelnya embrio calon janin. Selain itu, sayuran hijau juga bisa melekatkan zigot ke rahim.

Salah satu sayuran hijau yang patut kamu konsumsi adalah brokoli. Karena di dalamnya terdapat kandungan asam folat, zat besi dan nutrisi penting yang bisa membantu mempercepat kehamilan. Selain itu, ada pula kandungan vitamin C yang dibutuhkan ovarium dan pematangan sel telur dan proses ovulasi. Selain itu, brokoli juga kaya akan antioksidan yang bisa menjaga kualitas sperma dan membuatnya bertahan lebih lama serta tidak cepat rusak.

4. Daging Sapi Juga Bisa Mempercepat Proses Kehamilan, Kok Bisa?


Daging Sapi Juga Bisa Mempercepat Proses Kehamilan, Kok Bisa?

Makanan sehat lainnya yang bisa kamu konsumsi untuk menyuburkan kandungan adalah daging sapi, khususnya yang bagian rendah lemak. Hal ini disebabkan karena daging sapi kaya akan kandungan zinc yang baik untuk kesehatan dan menjaga kualitas sperma. Mengkonsumsi sumber zinc juga dapat mencegah sperma menggumpal, yang dapat menghambat proses pembuahan.

Selain daging sapi, kamu juga bisa mendapatkan sumber zinc dari daging ayam, kepiting dan tiram. Tapi ingat, pilih daging yang kualitasnya baik dan segar ya. Serta jangan dikonsumsi secara berlebihan hingga lebih dari tiga porsi sehari. Karena mengkonsumsi protein hewani secara berlebihan justru dapat menurunkan kesuburan.

5. Telur, Makanan Sehat Yang Bisa Menyuburkan Kandungan Dan Mempercepat Kehamilan


Telur, Makanan Sehat yang Bisa Menyuburkan Kandungan dan Mempercepat Kehamilan

Jika kamu sedang program memiliki momongan, sebaiknya jangan lupa untuk mengkonsumsi telur. Karena telur tinggi protein, vitamin, mineral serta asam amino yang bisa meningkatkan kualitas folikel, tempat tumbuhnya sel telur. Selain itu, telur juga mengandung selenium yang baik untuk kesehatan sperma. Menariknya lagi telur kaya akan folat yang dapat mencegah bayi mengalami cacat tabung saraf saat dilahirkan.

6. Sedang Program Hamil? Imbangi Dengan Konsumsi Kacang-Kacangan Ya


Sedang Program Hamil? Imbangi dengan Konsumsi Kacang-Kacangan Ya

Kacang-kacangan adalah makanan sehat yang bisa kamu konsumsi saat sedang melakukan program hamil. Kacang-kacangan juga bisa kamu konsumsi sebagai camilan saat sedang bosan atau kala bersantai. Hal ini dikarenakan kacang kaya akan asam folat yang baik untuk kesehatan reproduksi pria dan menjaga kesehatan sperma.

Di antara jenis kacang yang sangat baik untuk kesuburan adalah walnut atau kacang kenari yang tinggi serat dan magnesium. Kacang ini mengandung asam lemak omega 3 yang membantu produksi progesteron dan meningkatkan suplai darah ke rahim sehingga bisa meningkatkan kesuburan. Selain itu, kacang kenari juga bisa meredakan gejala morning sickness yang biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan.

7. Ingin Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil? Maka Perbanyak Konsumsi Karbohidrat Kompleks


Ingin Meningkatkan Kesuburan Agar Cepat Hamil? Maka Perbanyak Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Jika selama ini kamu memperoleh kebutuhan karbohidrat dari nasi atau roti tawar, coba ganti dengan berbagai produk yang mengandung karbohidrat kompleks. Mulai dari beras merah, roti gandum, sereal atau biji-bijian utuh untuk meningkatkan kesuburanmu.

Hal ini disebabkan karena makanan yang mengandung karbohidrat kompleks lebih lama dicerna oleh tubuh sehingga membantu menjaga kestabilan gula darah dan insulin. Hal ini baik untuk sistem reproduksi, karena jika kadar insulin naik bisa mengganggu produksi hormon yang berhubungan dengan reproduksi. Bahkan sebuah penelitian di Belanda menyatakan bahwa wanita yang memiliki kadar gula darah tinggi memiliki kemungkinan 50 persen lebih kecil untuk hamil.

8. Konsumsi Cokelat Dan Susu Bisa Membantu Mempercepat Kehamilan Karena Mampu Meningkatkan Kesuburan


Konsumsi Cokelat dan Susu Bisa Membantu Mempercepat Kehamilan karena Mampu Meningkatkan Kesuburan

Cokelat hitam mengandung asam amino jenis L-arginin yang bisa membantu meningkatkan produksi sperma. Kandungan ini diyakini bisa membuat pergerakan sperma jadi lebih cepat. Dengan demikian, saat proses pembuahan berlangsung, sperma bisa lebih mudah sampai di sel telur.

Selain cokelat, susu dan produk-produk olahannya yang rendah atau bebas lemak juga sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Terutama pada greek yoghurt yang mengandung kalsium, vitamin D dan probiotik yang membantu folikel di indung telur matang dengan baik. Karena itu, mengkonsumsi cokelat, susu dan produk olahannya sangat disarankan jika kamu ingin cepat hamil.

Ingin Cepat Hamil Usai Menikah? Tingkatkan Kesuburanmu Dengan Mengkonsumsi 8 Makanan Sehat Ini


Related Post


 


Loading...