Advertisement

Chef Jumbo Beri Tips Masak Daging Wagyu Agar Tekstur dan Rasanya Sempurna

Chef Jumbo Beri Tips Masak Daging Wagyu Agar Tekstur dan Rasanya Sempurna
Daging Wagyu [Shutterstock]
Editor: S.N.A Kuliner —Minggu, 24 November 2019 09:58 WIB

Terasjabar.id -  Belakangan ini makan steak maupun yakiniku tengah hits di antara pecinta kuliner. Daging yang digunakan juga beragam, salah satunya ada yang disebut daging sapi wagyu.

Dilansir dari Suara.com, harga daging ras sapi Wagyu itu sangat fantastis dan di atas rata-rata dari jenis daging sapi kebanyakan lho.

Kok bisa mahal sih? usut punya usut, ini karena pola perawatan sapi wagyu sangatlah spesial, bahkan cenderung seperti raja, makanya rasa dan tektur daging sangat berbeda dari sapi kebanyakan.

"Sapi diperlakukan seperti raja, dikasih vitamin yang oke, makanannya beda dengan sapi-sapi lain, diperlakukan seperti raja, dan itu hasil dagingnya luar biasa," ujar Chef The Party Cafe Taman, Aldrie di Voxstay Karawang, Jawa Barat, Sabtu (23/11/2019)

Nama Wagyu sendiri diambil berdasarkan dimana sapi itu hidup dan dirawat, tepatnya di Desa Wagyu di Jepang, desa yang dikenal sebagai penghasil daging sapi premium yang harganya cukup fantastis. 

Chef Jumbo [Suara.com/Dini]
Chef Jumbo [Suara.com/Dini Afrianti Efendi]

Menurut Chef Aldrie yang juga akrab disapa Chef Jumbo ada cara khusus memasak daging wagyu agar tidak menghilangkan teksturnya yang lezat dan gurih. Selain cara memotongnya di slice, bisa juga menggunakan saus tapi jangan biarkan daging terlampau kering.

"Memasak daging wagyunya itu nggak bener-bener kering, kalau kering banget itu pasti menciut dan rasanya kurang enak. Wagyu itu cukup di saute atau ditumis selama beberapa menit, baru disatuin sama sayurannya, itu udah mateng, asal di slice," terangnya.

Untuk menjaga citarasa daging wagyu, adapun pilihan saus yang bisa digunakan adalah pakai saus teriyaki, saus jamur, dan sebagainya dengan pola masak tumis. Tidak disarankan daging wagyu dibuat rendang ya.

"Dijadiin rendah itu no, kecuali steak oke, wagyu ada steak wagyu itu mahal, dan asam manis juga bisa," tutupnya.

Sekedar informasi jika harga daging sapi biasanya berkisar antara Rp 100 ribuan. Maka daging wagyu bisa 4 hingga 8 kali lipatnya, berkisar antara Rp 400 ribu hingga Rp 800 ribuan.

Chef Jumbo Beri Tips Masak Daging Wagyu Agar Tekstur dan Rasanya Sempurna


Related Post


 


Loading...