Advertisement

Hacker Bisa Serang Pengguna lewat Kiriman File Video, WhatsApp Keluarkan Perbaikan

Hacker Bisa Serang Pengguna lewat Kiriman File Video, WhatsApp Keluarkan Perbaikan
Aplikasi WhatsApp (Foto: WhatsApp)
Editor: Dea Teras Techno —Selasa, 19 November 2019 13:19 WIB

Terasjabar.id - Kerentanan dan bug kerap lolos ke dalam sebuah layanan, termasuk WhatsApp. WhatsApp mengumumkan adanya kelemahan keamanan video telah terjadi di aplikasi perpesanannya.

WhatsApp mengunggah security advisory mengenai bug bernama CVE-2019-11931. Bug memengaruhi aplikasi versi sebelumnya pada perangkat Android dan iOS.

Melansir dari inews.id, Advisory menggambarkan masalah ini sebagai stack-based buffer overflow yang mampu memicu kode berbahaya melalui pengiriman file MP4 yang dibuat khusus untuk pengguna WhatsApp. Sayangnya, perusahaan induk WhatsApp, Facebook tidak memberikan secara spesifik mengenai seperti apa video itu.

Perbaikan telah dikeluarkan oleh WhatsApp. Tapi, pengguna yang belum mengunduh pembaruan untuk WhatsApp versi terbaru masih rentan terhadap peretasan.

"WhatsApp secara konsisten bekerja untuk meningkatkan keamanan layanan kami. Kami membuat laporan publik tentang masalah potensial yang telah kami perbaiki konsisten dengan praktik terbaik industri. Dalam hal ini tidak ada alasan untuk percaya pengguna terkena dampak," kata juru bicara Facebook, Selasa (19/11/2019).

Facebook memang sudah mengklaim tidak ada bukti kelemahan keamanan dieksploitasi oleh hacker. Tapi, belum diketahui apakah ada hacker yang berusaha menfaatkan bug.

Bulan lalu, WhatsApp mengungkapkan sejumlah besar aktivis dan jurnalis menjadi sasaran spyware yang dilaporkan dikembangkan oleh perusahaan software Israel, NSO Group. Sekitar 1.400 pengguna WhatsApp menerima pesan peringatan dan menyarankan untuk memperbarui aplikasi ke versi terbaru.

"Pada Mei kami menghentikan serangan di mana aktor siber canggih mengeksploitasi video call kami untuk menginstal malware pada perangkat pengguna," bunyi pesan itu.

Hacker Serang Kiriman File Video WhatsApp Perbaikan


Related Post



Loading...