Advertisement

Sampah di Kalibaru Bogor Tak Kunjung Dibersihkan, Warga Khawatir Banjir

Sampah di Kalibaru Bogor Tak Kunjung Dibersihkan, Warga Khawatir Banjir
Foto: Tumpukan sampah di Kalibaru tak kunjung dibersihkan (Sachril/detikcom)
Editor: S.N.A Hot News —Selasa, 19 November 2019 13:06 WIB

Terasjabar.id - Tumpukan sampah di perairan Kalibaru, Cibinong, Kabupaten Bogor, tak kunjung dibersihkan oleh pemerintah setempat. Warga sekitar aliran sungai khawatir banjir.

"Sampah ini kan bisa terbawa arus dan buat aliran air tersumbat. Kalau ada rumah warga di pinggir sungai, bisa kena banjir lama-lama," ujar seorang warga, Herman, di Cibinong, Bogor, Selasa (19/11/2019).

Herman berharap tumpukan sampah di perairan Kalibaru segera dibersihkan. Dia menyebut sampah di perairan Kalibaru berasal dari pedagang dan orang-orang yang lewat di jalan.

"Kalau orang lewat, sampahnya kan biasanya dibuang di bantaran. Sepertinya sampah ini dari pedagang juga, entah dibuang di mana tapi nyangkut di sini sampahnya. Buktinya ada styrofoam kan," lanjut dia.

Dia yakin sampah di Kalibaru bisa dibersihkan. Asalkan, lanjut Herman, pemerintah mau mengerahkan sumber daya.

"Saya nggak tau apakah sampah ini pernah diangkut sebelumnya atau tidak. Tapi saya yakin pemerintah bisa membersihkan sampah ini, kan mereka punya alat dan data," ujar dia.

Sampah di Kalibaru Bogor Tak Kunjung Dibersihkan, Warga Khawatir BanjirFoto: Tumpukan sampah di Kalibaru tak kunjung dibersihkan (Sachril/detikcom)

Dilansir dari Detik.com,  sampah ini menumpuk hingga sepanjang 50 meter. Sebagain sampah, juga terlihat ada di bantaran.

Ada beragam sampah di tempat ini, yakni plastik, kayu-kayu, batang pohon, dan styrofoam. Beberapa sampah terlihat sudah menghitam seperti habis dibakar. Terlihat juga muncul rumput-rumput di penumpukan sampah di perairan Kalibaru ini.

Tumpukan sampah di Kalibaru ini sudah terlihat sejak Agustus 2019. Hampir tiga bulan berlalu, sampah belum juga diangkut seluruhnya. Pemkab Bogor, Jawa Barat, beralasan tak punya alat dan berharap Pemprov DKI Jakarta membantu.

Sampah di Kalibaru Bogor Tak Kunjung Dibersihkan Warga Khawatir Banjir


Related Post


 


Loading...