Advertisement

Polisi Pertebal Pengamanan di KBB Jelang Pilkades Serentak

Polisi Pertebal Pengamanan di KBB Jelang Pilkades Serentak
Editor: S.N.A Teras KBB —Senin, 18 November 2019 13:26 WIB
Terasjabar.id - Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Bandung Barat (KBB), pihak kepolisian bakal melibatkan Bhabinkamtibmas. 

Menurut Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Polres Cimahi, Kompol Wiharyatmo, turut dilibatkan juga pengamanan dalam (Padal) yang berada di bawah koordinasi Kapolsek. Di tiap polsek juga disiagakan satu pleton Brimob dan Sabhara dari Polda Jabar.

"Pengamanan pilkades ini, kita hanya akan menggunakan tongkat saja sebagai senjata untuk antisipasi, kecuali pengamanan tertutup. Memang di pilkades ini kerawanan pasti ada, tapi tidak seperti unjuk rasa," ujar Wiharyatmo saat ditemui di Mapolres Cimahi, Senin (18/11/2019).

Petugas kepolisian akan disiagakan di sepanjang jalur menuju tempat pemungutan suara (TPS) pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Kerawanan pasti ada, kita lihat tindak kriminalitas dan jarak tempuh dari desa menuju TPS. Nanti akan ada petugas yang mengawal di jalur pemilihan," katanya. 

Rencananya pelaksanaan pilkades serentak di KBB akan dilaksanakan pekan depan, tepatnya 24 November di 112 desa di KBB. Terkait peta kerawanan, pihaknya telah memetakan titik kerawanan.

"Kalau menurut deteksi intelijen, daerah Polsek Padalarang dan Cipatat cukup rawan. Yang lain juga ada, tapi ini yang dilihat dari tingkat kriminalitas dan jarak tempuh dari TPS ke desa," ungkapnya. 

Untuk meningkatkan keamanan, pihaknya bakal menggiatkan patroli rutin sejak sebelum pelaksanaan hingga setelah pelaksanaan Pilkades. 

"Kita juga memprediksi adanya kemungkinan ketidakpuasan pendukung terhadap calonnya yang kalah, pengrusakan alat peraga, yang mabuk-mabuk dan antisipasi adanya perjudian," ujarnya melanjutkan.

Soal jumlah dan titik TPS yang akan diamankan, ujar Wiharyatmo, pihaknya masih menunggu koordinasi dari dinas terkait. "Kita sedang menyingkronkan sekarang," katanya.

Berdasarkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) KBB, dari total 112 desa yang akan menggelar Pilkades Serentak 2019, totalnya tercatat ada 553 pendaftar. (SDK)

Polisi Pertebal Pengamanan di KBB Jelang Pilkades Serentak


Related Post


 


Loading...