Advertisement

SMKN 2 Garut Tanamkan Nilai Karakter Religius Melalui Maulid Nabi Muhammad SAW

SMKN 2 Garut Tanamkan Nilai Karakter Religius Melalui Maulid Nabi Muhammad SAW
Kepala SMKN 2 Garut, H. Bejo Siswoyo, S.TP., M.Pd., saat memberi sambutan.
Editor: Malda Hot News —Jumat, 15 November 2019 18:12 WIB

Terasjabar.id, Garut - Selain harus cerdas, jujur, disiplin, bekerja keras, kreatif, mandiri, dan bertanggungjawab dari sebagian nilai karakter wajib dimiliki peserta didik. Nilai karakter religius menjadi hal penting yang harus dibangun penyelenggara pendidikan.

Untuk itu, SMKN 2 Garut di Jl. Suherman No. 90, Jati, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat, terus berupaya menanamankan dan menumbuhkembangkan karakter religius kepada peserta didik, salah satunya mencintai dan memahami arti serta makna Maulid Nabi Muhammad SAW, untuk mencontoh dan meneladani akhlak Rasullullah.

Gambar mungkin berisi: 4 orang, orang tersenyum

“Dalam memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW ini, selain mendapat siraman rohani dari pengasuh Pondok Pesantren Al-Musadaddiyah Garut, KH Murgo Suryono, M.Ag juga digelar berbagai perlombaan yaitu, Nasyid, Murotal, Adzan, Kaligrafi, dan Dakwah,” jelas Wakasek Bidang Kesiswaan, Ica Santana, S.Pd., MM., disela-sela kegiatan, Jumat (15/11/2019).

Sebelum kegiatan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dengan tema "Mari Kita Teladani Akhlak Rasullullah SAW Dalam Kehidupan Sehari-hari", diawali dengan melaksanakan shalat Dhuha berjamaah di lapangan upacara.

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, keramaian dan luar ruangan

Dalam sambutannya, Kepala SMKN 2 Garut, H. Bejo Siswoyo, S.TP., M.Pd., mengatakan dengan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW diharapkan dapat membangkitkan semangat perjuangan Rasullullah SAW di SMKN 2 Garut.

“Tentu saja kita harus mencontoh, menedalani apa yang dilakukan oleh Rasullullah SAW yang diteladankan kepada kita, bahwa dalam Al-Quran Surat Al-Ahzab ayat 21 yang artinya; Sesungguhnya pada diri Rasulullah ada teladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang yang mengharap Allah dan hari akhir serta banyak berdzikir kepada Allah,” jelas H. Bejo, bagi siapa? Yaitu bagi orang yang mengharap Rahmat Allah dan yang takut terhadap hari akhir atau hari kiamat. 

H. Bejo memaparkan, Rasullullah memadukan antara taqwa dan akhlak. Taqwa mendekatkan kita kepada Allah SWT dan akhlak mendekatkan kita kepada sesama manusia.

Gambar mungkin berisi: 13 orang, keramaian dan luar ruangan

Siraman rohani dari pengasuh Pondok Pesantren Al-Musadaddiyah Garut, KH Murgo Suryono, M.Ag

“Sehingga Rasullullah dicintai oleh umatnya walaupun umatnya tidak mengenal, tidak mengetahui siapa itu Rasullullah, hanya melalui hadist yang disampaikan, yang ditulis oleh para sahabat-sahabatnya,” jelasnya.

Sehingga pantas bahwa dalam penelitian ada yang mengatakan, bahwa Rasulullah adalah pemimpin pertama yang dicintai oleh umat manusia di seluruh dunia.

“Jangankan yang hidup dimasanya, yang sekarang kita tidak mengetahui seperti apa akhlak Rasullullah, tetapi kita semua Insya Allah akan mencontoh, akan meneladani akhlak Rasullullah,” ajaknya.

H. Bejo menjelaskan, kita yakin dan mengetahui 4 sifat Rasul yaitu; Shiddiq, kita diajarkan untuk jujur, untuk benar. Fathonah, kita sekolah mulai dari TK, SD, SMP, SMK diajarkan untuk cerdas.

“Orang pintar dikalahkan oleh orang licik, dan semuanya akan kalah dengan orang yang cerda. Jadi kita tidak boleh hanya pintar tetapi harus cerdas,” tegas H. Bejo yang mengharapkan anak-anak SMKN 2 Garut semuanya cerdas. 

Kemudian tambah H. Bejo, Amanah, artinya kita harus dapat dipercaya, kalau kita mengemban amanah kita harus dapat dipercaya.

“Saya do’akan semuanya, nanti setelah keluar dari SMKN 2 Garut menjadi orang-orang yang mendapatkan amanah, yang dapat melaksanakan amanah sebaik-baiknya,” ucapnya.

Dan terakhir, ucap H. Bejo,  Tabligh, kita harus dapat menyampaikan kebaikan, harus dapat menyeru, amar ma'ruf nahi munkar. 

“Mudah-mudahan kita semua menjadi orang yang sholeh, sholehah,” pungkasnya. (Jajang Sukmana)

Garut SMKN2 Maulid Nabi Muhammad SAW Religius


Related Post



Loading...