Advertisement

Maulid Nabi, Seribu Santri dan Siswa Lakukan Kirab Arak Bendera Merah Putih

Maulid Nabi, Seribu Santri dan Siswa Lakukan Kirab Arak Bendera Merah Putih
Santri dan siswa memperingati Maulid Nabi (Foto: NU Online)
Editor: Dea Hot News —Sabtu, 9 November 2019 07:46 WIB

Terasjabar.id - Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H, seribu santri dan siswa di Desa Pekarungan, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur melakukan kirab untuk mengarak bendera merah putih raksasa 100 meter.

Dilansir dari okezone.com, kegiatan Maulid Nabi yang unik tersebut diinisiasi oleh generasi muda Nahdlatul Ulama (NU) Desa Pekarungan. Pembuatan bendera dikerjakan sendiri secara gotong-royong, dengan menghabiskan waktu sekitar lima hari.

Kelahiran Nabi jadi rahmat semesta alam

Ketua Panitia Kirab, Diki Ferdian Ferdiansyah mengatakan, tujuan pembuatan bendera raksasa ini untuk menumbuhkan hubbul wathan minal iman atau cinta tanah air para santri yang kebanyakan masih anak-anak.

“Panitia mengemas kegiatan ini disamping untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad juga untuk memperingati Hari Santri 2019,” kata Diki kemarin.

Kirab bendera ini, terang Diki, diikuti seribu santri dan siswa yang berasal dari Taman Pendidikan Qur’an (TPQ), Taman Kanak-kanak (TK), Madrasah Ibitidaiyah (MI), dan Sekolah Dasar (SDN) beserta guru se-Desa Pekarungan.

“Kirab diberangkatkan dari Balai Desa Pekarungan menuju Gladiol, gedung serbaguna milik Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Pekarungan yang berjarak dua kilo meter dari balai desa,” jelasnya.

Usai kirab, peserta diajak membaca maulid diba’, istighosah dan diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin oleh H Abdul Ghoni, Rais Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Pekarungan.

Seperti dilansir dari NU Online, Diki mengatakan, kegiatan berjalan sukses berkat bantuan Pemerintah Desa Pekarungan, Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama dan semua pihak. “Puncak peringatan Maulid Nabi 1441 H di Masjid Nurul Aghfar Desa Pekarungan dengan menggelar pengajian umum yang akan menghadirkan KH Marzuki Mustamar, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur.”

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu suksesnya pelaksanaan kirab. Jumlah peserta yang hadir sekitar seribu orang melebihi dari target yang telah ditentukan.

“Semoga pelaksanaan kegiatan di tahun berikutnya semakin ramai dan menjadi desa yang maju,” harapnya.

Sementara itu Guru MI Tarbiyatu Syarifah Pekarungan, Faridah mengatakan, “Saya senang sekali melihat bendera merah putih sepanjang itu. Apalagi disambung dengan kirab bendera NU di belakangnya.”

Maulid Nabi Seribu Santri Siswa Kirab Arak Bendera Merah Putih


Related Post



Loading...