Advertisement

Tebing di Ciwaruga Longsor, Jalur KBB-Kota Bandung Terputus

Tebing di Ciwaruga Longsor, Jalur KBB-Kota Bandung Terputus
Petugas dan warga mencoba membersihkan material longsoran di Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (7/11/2019). Dicky Mawardi
Editor: Dea Teras KBB —Kamis, 7 November 2019 14:15 WIB

Terasjabar.id - TEBING setinggi 15 meter di Kampung Cicarita RT 04/RW 19, Desa Ciwaruga, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat mengalami longsor, Rabu (6/11/2019) malam. Longsor dipicu oleh hujan deras yang turun sejak sore.

Mengutip dari galamedianews.com, material longsor menutup akses jalan desa yang biasa dilalui pengendara sepeda motor dari Kampung Cicarita, KBB menuju Gegerarum, Kota Bandung.

"Panjang tebing yang longsor sekitar 10 meter. Beruntung pada saat kejadian tidak ada pengendara sepeda motor maupun pejalan kaki yang melintas," jelas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bandung Barat, Duddy Prabowo di lokasi kejadian, Kamis (7/11/2019).

Ia mengungkapkan, ada empat rumah yang berada di sekitar lokasi kejadian longsor. Posisi rumah-rumah tersebut tepat berada di tebing yang longsor.

"Kami mengimbau kepada seluruh penghuni empat rumah tersebut untuk waspada dan segera mengungsi apabila terjadi hujan lebat. Cari tempat yang aman, jauhi daerah lereng yang berpotensi longsor," pesan Duddy.

Berdasarkan pantauan, sampai Kamis siang petugas dari BPBD, Koramil, Polsek Cisarua dan warga bergotong royong membersihkan material longsor yang.menimbun badan jalan. Untuk sementara jalan dengan lebar sekitar 1,5 meter ini hanya bisa dilalui pejalan kaki.

Untuk pengamanan, BPBD Kabupaten Bandung Barat di sekitar lokasi telah dipasang rambu-rambu peringatan rawan bahaya longsor.


Tebing Ciwaruga Longsor Jalur KBB Kota Bandung Terputus Bandung Barat


Related Post



Loading...