Advertisement

Polisi Ungkap Peran 6 Tersangka Kasus Penculikan dan Pemerasan Warga Inggris

Polisi Ungkap Peran 6 Tersangka Kasus Penculikan dan Pemerasan Warga Inggris
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono. (Foto: iNews.id/ Aditya Pratama).
Editor: Dea Hot News —Senin, 4 November 2019 10:02 WIB

Terasjabar.id - Polisi menangkap 4 dari 6 tersangka kasus penculikan dan pemerasan warga negara Inggris atas nama Matthew Simon Craib. Sejumlah tersangka di antaranya oknum polisi.

Melansir dari inews.id, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mamaparkan peran pelaku dalam kasus penculikan tersebut. Pelaku pertama atas nama Giovani selaku rekan kerja korban.

"GV (Giovani) meminta kekasihnya yang berinisial Nola Aprilia untuk merencanakan aksi penculikan itu," ujar Argo di Jakarta, Senin (3/11/2019).

Nola diketahui ikut merencanakan penculikan dan mengajak Bripda Julia Bita yang juga sebagai anggota Bareskrim Polri untuk memuluskan aksinya. Bripda Julia Bita berperan menyiapkan mobil dan membuntuti kendaraan korban.

"Julia anggota Cyber Bareskrim Polri menyiapkan mobil dan melakukan cek posisi keberadaan korban," ucapnya.

Dalam perannya, Bripda Julia tidak sendiri. Dia mengajak kekasihnya, yaitu Bripda Nugroho Putro Utomo anggota Satresnarkoba Polres Jakarta Timur.

Nugroho Putro Utomo dalam menjalankan perannya dibantu oleh Briptu Herodotus dan Bribda Sandika Bayu yang semuanya merupakan anggota Polres Jakarta Timur.

Mereka mencegat mobil korban di tol Lingkar Luar Barat. Kemudian, para pelaku menggeledah korban dan membawanya ke Polda Metro Jaya seolah-olah untuk diperiksa.

Tiba di Polda Metro, korban dibawa masuk lagi ke dalam mobil dan korban diperas. "Korban meminta untuk diantar ke tempat atasannya, namun pelaku membawa korban ke hotel untuk diintrogasi," katanya.

Korban kemudian menghubungi bosnya dan memberikan uang sebesar 900.000 dolar ke para pelaku. Pelaku kemudian bergerak ke Kemayoran, Jakarta Pusat untuk menukarkan uang terdebut menjadi mata uang rupiah.

"Para pelaku meminta uang cash dan menyuruh korban menelepon bosnya untuk meminta tebusan. Selanjutnya pelaku dan korban bergeser ke daerah Kemayoran untum menukar uang menjadi mata uang rupiah," ucapnya.

 

Polisi Peran Tersangka Penculikan Pemerasan Warga Inggris


Related Post



Loading...