Advertisement

Cara Menyimpan Stroberi Agar Tidak Cepat Rusak

Cara Menyimpan Stroberi Agar Tidak Cepat Rusak
Ilustrasi stroberi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Myotis
Editor: S.N.A Kuliner —Jumat, 1 November 2019 16:28 WIB

Terasjabar.id - Stroberi termasuk buah yang cukup populer di Indonesia, meskipun bukan termasuk buah tropis yang mudah tumbuh di iklim panas. Biasanya buah berwarna merah ini digunakan sebagai bahan makanan manis dan minuman. Kadang juga diolah bersama panganan gurih.

Dilansir dari Merdeka.com, Buah stroberi sebenarnya mudah ditemui di pasaran. Namun buah ini juga termasuk tidak tahan lama. Teksturnya yang lunak dan berair membuat stroberi cepat busuk.

Jika berniat menyimpan stroberi dalam waktu yang lama, ada cara tepat yang bisa kita coba. Bagaimana caranya? Berikut beberapa tips dari Merdeka.com.

Pilih Stroberi Segar

Saat membeli buah stroberi, usahakan untuk membeli buah stroberi yang masih baru dan masih segar. Pilih buah stroberi yang masih ada tangkainya karena ini bisa membuat stroberi lebih tahan lama saat disimpan.

Perhatikan Warna Buah Stroberi

Pilih buah stroberi yang telah berwarna merah kehitaman dan stroberi lokal. Stroberi yang telah berwarna merah kehitaman menandakan buah stroberi telah matang dengan baik dari pohonnya.

Tidak Perlu Dicuci

Sebelum menyimpan stroberi, kita tidak perlu mencucinya terlebih dulu. Mencuci stroberi hanya akan membuatnya lembap dan rentan busuk.

Cuci buah stroberi sesaat sebelum dikonsumsi atau diolah menjadi makanan serta minuman lain. Ambil juga stroberi secukupnya sesuai kebutuhan konsumsi.

Buang Stroberi yang Berjamur

Jika ada stroberi yang berjamur, segera sisihkan stroberi tersebut. Stroberi yang telah berjamur akan membuat buah stroberi lainnya yang masih bagus rentan tertular jamurnya dan busuk.

Itulah cara menyimpan stroberi agar tahan lama dan tak mudah busuk. Semoga cara menyimpan buah stroberi ini bermanfaat dan selamat mencobanya di rumah.

Cara Menyimpan Stroberi Agar Tidak Cepat Rusak


Related Post


 


Loading...