Advertisement

Warga Terkena Dampak Hingga Pekerja Tewas, Berikut Fakta Dibalik Kebakaran Hebat Pipa PT.Pertamina di Cimahi

Warga Terkena Dampak Hingga Pekerja Tewas, Berikut Fakta Dibalik Kebakaran Hebat Pipa PT.Pertamina di Cimahi
Editor: S.N.A Teras Cimahi —Rabu, 23 Oktober 2019 11:31 WIB

Terasjabar.id - Pengerjaan trase proyek Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat. Terbaru proyek tersebut menyebabkan kebakaran skala besar.

Kebakaran tersebut terjadi di Kampung Mancong, RT 02/RW 01, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, akibat penggalian yang dilakukan pelaksana proyek KCIC menghantam pipa milik Pertamina. 

Berdasarkan pantauan pagi ini, pihak dari PT. Pertamina masih berjaga di lokasi terbakarnya pipa BBM, dikhawatirkan masih ada percikan sisa yang bisa memicu kebakaran susulan.

Jajaran Polsek Cimahi Selatan pun masih melakukan pemeriksaan terhadap 10 orang karyawan PT. CREC, subkontraktor PT. KCIC sebagai saksi kasus ledakan dan kebakaran di Kampung Mancong, RT 02/01, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. 

Diketahui selain berdampak pada warga sekitar, kebakaran tersebut turut menelan korban jiwa. Berikut Terasjabar.id rangkum fakta-fakta yang terkuak dibalik tragedi kebakaran hebat pipa minyak milik PT.Pertamina yang terjadi pada Selasa (22/10/2019).

1. Warga mengalami kerugian yang cukup besar

Lokasi kebakaran yang berdekatan dengan permukiman tentu membuat warga di Kampung Mancong turut merasakan dampak dari kebakaran hebat tersebut.

Tak hanya membuat resah, beberapa lahan persawahan milik warga rusak terpapar cairan kimia dari proses pemadaman api itu sendiri, selain itu tercatat mobil pribadi milik salah satu warga turut terkena hembusan panas api hingga mobil tersebut rusak parah.

Hingga saat ini warga masih menunggu pertanggung jawaban dari pihak terkait.

Baca Juga : Warga Berharap Kerugian Akibat Kebakaran Diganti

2. Berhubungan dengan Pengerjaan trase proyek Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC)

Pengerjaan trase proyek Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) menimbulkan dampak buruk bagi masyarakat.

Kebakaran terjadi akibat penggalian yang dilakukan pelaksana proyek KCIC menghantam pipa milik Pertamina. 

Dalam rilis tertulis 'Sehubungan dengan kebakaran yang terjadi pada pipa penyalur BBM jenis Pertamina Dex dari Terminal Ujung Berung Ke Padalarang yang berlokasi di pinggir ruas jalan tol Purbaleunyi, Km 130 Cimahi – Pasir Koja, pada pukul 13.30 WIB, PT KCIC menyampaikan bahwa insiden terjadi pada Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) untuk konstruksi _elevated_ yang dikerjakan oleh kontraktor KCJB'

Baca juga : Sebabkan Kebakaran Hebat, PT. KCIC Minta Maaf

3. Dibutuhkan Lebih dari 20 Unit Mobil Pemadam Kebakaran

Kebakaran berskala besar itu baru bisa dipadamkan pada pukul 17.30, setelah lebih dari 20 mobil pemadam kebakaran dan 2 unit pemadam dari Pertamina menyemprotkan air serta cairan kimia ke titik api. 

4. Menelan korban jiwa

Selain kerugian materil yang dialami warga, Dalam peristiwa kebakaran itu juga menewaskan seorang pekerja subkontraktor PT. CREC, atas nama Li Xuanfeng, warga negar Tiongkok yang bekerja sebagai operator alat penggali.

Li Xuanfeng tewas terpanggang dan jenazahnya berhasil dievakuasi oleh petugas pemadam kebakaran.

Baca juga : Terhantam Alat Bor Saat Pengerjaan Trase KCIC, Satu Warga Negara Tiongkok Meninggal Dunia

5. Wakil Walikota Cimahi Minta Warga Kampung Mancong Ronda Setelah Peristiwa Kebakaran

Pascakebakaran dahsyat yang terjadi di Kampung Mancong, RT 02/RW 01, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, warga diminta untuk tetap waspada. 

Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, bahkan meminta agar kaum pria melakukan ronda sebagai antisipasi adanya peristiwa susulan kendati api sudah padam. 

Sebagai tindaklanjut, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak PT. Pertamina serta PT. KCIC guna membahas musibah kebakaran yang terjadi di Kota Cimahi ini.

Pihaknya juga bakal mengakomidir jika ada kerugian yang dialami warga sekitar. Sebab lokasi kebakaran tersebut berada di area sawah milik warga. 

Baca juga : Ngatiyana Minta Warga Kampung Mancong Ronda Setelah Peristiwa Kebakaran

(SNA)

 

 

PT.Pertamina di Cimahi cimahi kebakaran pipa minyak cimahi kebakaran KCIC Kampung Mancong RT 02/RW 01 Kelurahan Melong Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi


Related Post



Loading...