Advertisement

6 Petugas Terjebak Asap Karhutla saat Pemadaman di Gunung Argopura, 4 Dehidrasi Berat

6 Petugas Terjebak Asap Karhutla saat Pemadaman di Gunung Argopura, 4 Dehidrasi Berat
Tim penanganan kebakaran hutan dan lahan terjebak karhutla di koordinat 8°01'10.46"S 113°35'59.56"E pada ketinggian 1.919 mdpl Gunung Argopuro, Jawa Timur, Selasa (22/10/2019). (FOTO ANTARA/HO-BPBD Je
Editor: Dea Hot News —Rabu, 23 Oktober 2019 08:17 WIB

Terasjabar.id - Tim penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjebak asap saat pemadaman di Gunung Argopuro, Jawa Timur, Selasa (22/10/2019). Banyaknya titik api di sekitar lokasi membuat petugas sulit mencari jalur alternatif. Beberapa di antara mereka bahkan mengalami dehidrasi berat.

"Kami menerima laporan dari seorang tim penanganan karhutla Gunung Argopuro yang meminta penjemputan melalui radio karena terjebak asap di ketinggian 1.919 meter di atas permukaan laut (mdpl)," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jember Heru Widagdo, Selasa (22/10/2019) malam.

Dilansir dari inews.id, menurutnya ada enam orang petugas dalam tim tersebut. Yakni Rezha, Juan, Farid, A Gayug, Irfan dan Bagus. Saat menerima laporan, kondisi empat orang mengalami dehidrasi berat dan dua orang masih sehat.

"Untuk itu, kami segera menyiapkan kebutuhan logistik dan peralatan dengan memberangkatkan tim yang dipimpin Pak Asrah. Tim ini mengevakuasi enam petugas yang terjebak karhutla di lereng Gunung Argopuro," katanya.

Dia menjelaskan lokasi Ketajek di Desa Suci, Kecamatan Panti dipilih sebagai titik penjemputan dan pihak BPBD Jember berkoordinasi dengan warga lokal untuk memimpin tim evakuasi penyintas yang terjebak kebakaran.

"Ada dua tim yang berangkat melakukan evakuasi terhadap penyintas yang terjebak karhutla. Dan alhamdulillah, semuanya berhasil dievakuasi dengan selamat, meskipun empat petugas mengalami dehidrasi berat," ucapnya.

Heru mengatakan, keenam penyintas sudah tiba dengan selamat di Posko Ketajek pukul 22.00 WIB. Tim medis Puskemas Panti langsung memberi penanganan terhadap empat orang yang mengalami dehidrasi berat.

Diketahui, tim penanganan karhutla BPBD Jember berangkat membantu pemadaman kebakaran di Gunung Argopuro pada Senin (21/10/2019). Mereka membawa perlengkapan yang dibutuhkan, namun saat di lapangan menghadapi sejumlah kendala. Seperti sulitnya akses menuju lokasi dan untuk menjangkau titik api tertinggi dibutuhkan waktu sekitar 2-3 hari dengan berjalan kaki.

Petugas Terjebak Asap Karhutla Pemadaman Gunung Argopura Dehidrasi Berat


Related Post



Loading...