Advertisement

Damkar Kota Cimahi Masih Terus Berupaya Memadamkan Api yang Timbul Akibat Ledakan PT.Pertamina

Damkar Kota Cimahi Masih Terus Berupaya Memadamkan Api yang Timbul Akibat Ledakan PT.Pertamina
Editor: S.N.A Hot News —Selasa, 22 Oktober 2019 17:06 WIB

Terasjabar.id - Petugas pemadam kebakaran terus berjibaku memadamkan kobaran api timbul akibat ledakan pipa PT. Pertamina, di Kampung Mancong, RT 02/RW 01, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Selasa (22/10/2019).

Kebakaran tersebut diduga akibat adanya hantaman keras oleh alat bor yang sedang mengerjakan pembuatan jalur Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) pada pipa Pertamina.

Hingga pukul 16.00 WIB, kobaran api masih sangat besar dan belum menunjukkan tanda-tanda akan segera padam akibat masih banyaknya suplai bahan bakar di pipa yang bocor tersebut.

"Sekarang kita masih berupaya melakukan pemadaman dengan penyemprotan titik api dari segala arah. Angin yang berhembus membantu api sulit dipadamkan," ujar Komandan Regu I Damkar Kota Cimahi, Indrahadi saat ditemui di lokasi kebakaran.

Upaya pemadaman sendiri idealnya menggunakan bahan kimia berjenis typhol yang disemburkan ke titik kebakaran dan akan berubah menjadi busa yang meredam nyala api.

"Kami sudah membawa cairan kimianya. Hanya saja tadi koordinasi dengan Pertamina, mereka sedang perjalanan dan siap melakukan pemadaman juga, jadi kita tahan dulu," bebernya.

Upaya lainnya, Pertamina mesti menghentikan suplai bahan bakar dari pipa Ujung Berung di jalur tersebut dihentikan untuk mengecilkan nyala api.

"Sistemnya sudah dimatikan, tapi sisa bahan bakar masih ada. Jadi kita biarkan sisa bahan bakar itu terbakar, masih puluhan ribu liter," bebernya.

Untuk melakukan pemadaman tersebut, Pemadam Kota Cimahi menerjunkan 5 unit pancar, 2 unit rescue, dan 1 mobil komando. Sedangkan dari Pemadam Kabupaten Bandung diterjunkan 2 unit pancar dan 1 rescue.

Damkar Kota Cimahi PT.Pertamina KCIC


Related Post



Loading...