Advertisement

Terancam Pengeboman Proyek KCIC, Warga Gunung Bohong Minta Direlokasi

Terancam Pengeboman Proyek KCIC, Warga Gunung Bohong Minta Direlokasi
Editor: Malda Teras Cimahi —Jumat, 18 Oktober 2019 19:41 WIB

Terasjabar.id,Cimahi - Aktivitas pengeboman Gunung Bohong, Kabupaten Bandung Barat, untuk membuat lobang inlet tunnel 11 Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) diprotes warga.

Protes yang dilayangkan warga Komplek Tipar Silih Asih, RW 13, Desa Laksana Mekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, karena pengeboman dilakukan tanpa memikirkan keselamatan warga sekitar.

Pengeboman yang dilakukan sekitar 2 minggu lalu, dengan durasi sebanyak 8 kali, dilakukan tanpa ada kajian serta tidak memiliki Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal).

"Pengeboman itu dilakukan tanpa sosialisasi dulu ke warga. Sosialisasi tahun 2016 bukan untuk pengeboman tapi hanya pengeboran. Sekarang buktinya malah dibom itu juga tanpa Amdal. Diminta Amdal mereka ngelak," ujar Ketua RW 13, Ahmad M. Sutisna, saat ditemui, Jumat (18/10/2019).

Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih, sepeda Motor, pohon dan luar ruangan

Jarak antara titik awal pembuatan terowongan dengan permukiman terdekat berjarak 700 meter. Warga sendiri merasakan getaran cukup kencang saat pengeboman dilakukan.

"Paling terasa itu oleh warga RT 4. Karena jaraknya hanya 700 meter. Selain getaran juga dampaknya merusak rumah warga, semua rumah warga disini retak-retak, bahkan bisa sampai ambruk kalau ada pengeboman lagi," bebernya.

Berdasarkan desain pembuatan terowongan yang dikantongi warga, garis terowongan tersebut akan memiliki jarak terdekat dengan rumah warga, sekitar 70 meter.

"Ini baru awal, karena setelah lihat desain pembuatan terowongan, saat di bagian tengah terowongan itu jarak dengan rumah warga semakin dekat. Kebayang kalau jarak 70 meter masih melakukan pengeboman, warga bakal jadi korban, tapi tidak dipikirkan sama pemerintah dan pekerja KCIC," tegasnya.

Ikutan Give Away Dulu Guys !!

Bisa Dapetin Pulsa Ratusan Ribu Silahkan Di Lihat di IG Terasjabar



Klik Link MERAH Di Bawah ini Untuk Langsung Tehubung Ke Postingan IG TerasGiveAway

Instagram Terasjabar Giveaway


dan Untuk Artikel Give Away Lengkapnya Bisa Klik Link Merah di Bawah ini 
Artikel Terasjabar Give Away

Pihaknya pernah meminta bantuan pada pihak Desa Laksana Mekar, pihak Kecamatan Padalarang, Polisi, bahkan TNI, namun semua angkat tangan.

Warga dan perwakilan RW sebetulnya sempat bertemu dengan perwakilan PT. CREC sebagai pelaksana proyek. Ada kesepakatan menghentikan dulu pengeboman setelah ada kejadian hujan batu di Purwakarta.

"Tapi besoknya malah nguruh perwakilan desa untuk melobby warga biar pengeboman bisa dilanjut lagi. Dari situ.kan bisa disimpulkan kalau mereka sebetulnya tidak memikirkan warga. Kita yang jadi korban," jelasnya.

Secara gamblang, Ahmad mewakili warga lainnya mengaku tak ingin menghambat proyek pemerintah. Namun keselamatan mereka pun harus diperhatikan.

"Kalau memang mau lanjut pengeboman ya silakan, tapi kami minta semua warga disini, sekitar 130 KK dengan 500 jiwa untuk direlokasi semua," ungkapnya. (SDK)

Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) Proyek Keretas Cepat Gunung Bohong Ledakan Bom. Lubangi Gunung Bohong Warga Gunung bohong Relokasi warga Komplek Tipar Silih Asih RW 13 Desa Laksana Mekar Kecamatan Padalarang Kabupaten Bandung Barat


Related Post



Loading...