Advertisement

Gunung Merapi Erupsi Efusif, Kepala PVMBG: Yogya Aman Dikunjungi Wisatawan

Gunung Merapi Erupsi Efusif, Kepala PVMBG: Yogya Aman Dikunjungi Wisatawan
Kepala PVMBG Kasbani saat memaparkan kondisi terkini Gunung Merapi, Selasa (15/10/2019). (Foto: iNews/Ervan David)
Editor: Dea Hot News —Selasa, 15 Oktober 2019 14:43 WIB

Terasjabar.id - Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan tidak ada perubahan status Gunung Merapi menyusul erupsi yang terjadi pada Senin (14/10/2019). Rekomendasinya tetap sama, gunung api paling aktif se-Nusantara ini masih di Level II Waspada. Wisatawan juga masih aman untuk berkunjung ke Yogyakarta.

Dilansir dari inews.id, Kepala PVMBG Kasbani mengatakan, saat ini Merapi sedang mengalami erupsi efusif. Yakni terbentuknya kubah lava dan keluarnya magma melalui guguran awan panas.

“Kondisi terkini sudah biasa lagi. Masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa. Begitupun turis bisa tetap datang ke Yogya atau melihat langsung kondisi Merapi dari jarak aman,” ujarnya, Selasa (15/10/2019).

Menurutnya, PVMVG akan terus memantau dan mengevaluasi aktivitas di kawah Gunung Merapi. Radius aman tak berubah, masih 3 Km dari kawah.

“Guguran kolom abu kami pantau masih keluar dan mengarah ke barat daya atau ke kawasan Magelang,” katanya.

Kepala PVMBG mengimbau masyarakat dan wisatawan untuk tetap tenang. Pihaknya  sudah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk tidak mendekati radius aman. Selain itu, dia menegaskan letusan vulkanis Gunung Merapi tidak berkaitan dengan gempa tektonik yang terjadi di Laut Selatan Jawa.

“Jadi tidak ada kaitan antara erupsi atau letusan gunung dengan gempa tektonik,” katanya.

Sebelumnya, Gunung Merapi kembali erupsi pada Senin (14/10/2019) pukul 16.31 WIB akibat akumulasi gas. Erupsi Merapi menyemburkan kolom abu setinggi 3.000 meter dari puncak, lebih besar dibandingkan sebelumnya yang hanya berkisar antara 800-1.000 meter.

Kendati demikian, status Merapi masih tetap di level II Waspada. Saat itu, BPPTKG juga menerbitkan zona orange untuk penerbangan.

 

Gunung Merapi Erupsi Efusif Kepala PVMBG Yogya Aman Dikunjungi Wisatawan


Related Post



Loading...