Advertisement

Mengenal Keunggulan Dari Kontroler PlayStation 5

Mengenal Keunggulan Dari Kontroler PlayStation 5
(Youtube.com : Google)
Editor: A.KUIPERS 54 Teras Techno —Rabu, 9 Oktober 2019 17:53 WIB

Terasjabar.id - Selain mengkonfirmasi peluncuran PlayStation 5 (PS5) pada musim liburan 2020 mendatang, Sony juga mengungkap sejumlah teknologi baru di kontroler konsol terbarunya itu. Apa saja?

Jika menilik sejarah nama kontroler di konsol Sony sebelumnya, kemungkinan besar kontroler PS5 ini bakal diberi nama Dual Shock 5. Namun Sony belum menyebut kontrolernya ini dengan nama tersebut.

Dalam postingan blognya, CEO Sony Interactive Entertainment Jim Ryan mengungkap dua fitur utama dalam kontroler tersebut. Yang pertama adalah teknologi haptic yang menggantikan rumble, yaitu fitur untuk memberi getaran di kontroler

Menurut Ryan, penggunaan teknologi haptic ini bisa memberikan feedback getaran yang berbeda antara satu dengan lainnya. Ditambah lagi rumble sudah digunakan sejak lama, dari konsol generasi sebelumnya.

"Menabrak tembok menggunakan mobil balap akan terasa jauh berbeda (getarannya) dibanding melakukan tekel di lapangan bola. Anda bahkan bisa merasakan tekstur berbeda ketika berlari di lapangan rumput atau berjalan di lumpur," tulis Ryan.

Inovasi kedua di kontroler ini adalah fitur yang diberi nama adaptive trigger, yang diaplikasikan ke dalam tombol trigger (L2 dan R2). Menurut Ryan, developer game bisa mengatur tingkat kekerasan tombol itu sesuai dengan aktivitas yang sedang dilakukan di dalam gamenya.


Jadi menurut Ryan gamer bisa merasakan sensasi tersendiri ketika menarik busur untuk melepaskan panah menggunakan tombol tersebut, atau ketika berakselerasi dalam sebuah mobil off road melewati jalan bebatuan.

Kombinasi adaptive trigger dan haptic feedback ini menurut Ryan bisa memberikan pengalaman gamer yang lebih baik untuk berbagai skenario aksi dalam game. Ia pun menyebut para pembuat game sudah menerima versi awal dari kontroler ini."Kami tak sabar untuk melihat bagaimana imajinasi mereka dalam menggunakan fitur baru ini," tambahnya di lansir dari Detik.com .

sony ps5 playstation 5


Related Post



Loading...