Advertisement

Polda Jabar Selidiki Kebakaran Lahan di Kawah Putih Ciwidey Bandung

Polda Jabar Selidiki Kebakaran Lahan di Kawah Putih Ciwidey Bandung
Kebakaran lahan di kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey, Bandung diduga dipicu puntung rokok. (Foto: iNews.id/Saufat Endrawan)
Editor: Dea Teras Bandung —Rabu, 9 Oktober 2019 09:30 WIB

Terasjabar.id - Polda Jawa Barat menyelidiki peristiwa kebakaran lahan yang terjadi di kawasan wisata Kawah Putih Ciwidey, Bandung. Kebakaran tersebut diduga dipicu puntung rokok.

Melansir dari inews.id, Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, masih menyelidiki  kasus kebakaran lahan di kawasan Kawah Putih Ciwidey apakah ada faktor kesengajaan atau tidak.

“Ini kan lokasi wisata. Misalkan ada yang merokok dan melempar puntung rokok ke ilalang sehingga terbakar. Kedua, faktor kemasan air minum dari kaca atau plastik karena faktor cuaca sehingga terbakar. Ini masih dalam proses penyelidikan dan pendalaman,” katanya, Selasa (8/10/2019).

Dia mengatakan, upaya yang dilakukan Polda Jabar saat ini membantu pemadaman dengan menurunkan personel ke lapangan untuk bergabung dengan tim relawan lainnya.

“Saat ini langkah terpenting adalah membantu BPBD dan juga petugas Perhutani untuk menanggulangi kebakaran,” katanya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat, Supriyatno mengatakan, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Namun, dugaan sementara kebakaran terjadi karena puntung rokok.

“Sampai saat ini, kebakaran ditaksir sudah menghanguskan lahan kurang lebih seluas 15 hektare," kata Supriyatno.

Dia mengatakan BPBD Provinsi Jawa Barat dan BPBD Kabupaten Bandung berupaya memadamkan kebakaran lahan di Kawah Putih Ciwidey bekerja sama instansi terkait.

Koordinasi penanggulangan kebakaran lahan di Kawah Putih Ciwidey, menurut dia, sudah dilakukan dengan BPBD Bandung, kepolisian, TNI, Perhutani, Dinas Pemadam Kebakaran, Pengelola Wisata Kawah Putih, dan sukarelawan.

"Kami terus berkoordinasi dengan BPBD setempat dan menunggu permintaan mereka dalam menangani kebakaran Kawah Putih. Dari BPBD Jabar ada empat personel yang turun ke lokasi kejadian," kata Supriyatno.

Berdasarkan data BPBD Jawa Barat, kebakaran di kawasan Kawah Putih terjadi sejak Senin (7/10/2019) sekira pukul 14.00 WIB dengan titik awal api diduga berada di kawasan Sunan Ibu.

Menurut Supriyatno, api yang membakar area di kawasan Kawah Putih belum bisa dipadamkan dan angin membuat kebakaran meluas. Petugas membuat parit dan melakukan penyiraman agar api tidak merembet ke area lain.

Polda Jabar Selidiki Kebakaran Lahan Kawah Putih Ciwidey Bandung


Related Post



Loading...