Advertisement

1.909 Pelajar di Kota Cimahi Terjerat Penyalahgunaan Narkotika

1.909 Pelajar di Kota Cimahi Terjerat Penyalahgunaan Narkotika
Tanggerang Tribun
Editor: Malda Teras Cimahi —Senin, 7 Oktober 2019 17:04 WIB

Terasjabar.id,Cimahi - Sebanyak 38 SMP, 16 MTs, 16 SMA, 24 SMK, dan 9 MA di Kota Cimahi diduga menelurkan 1909 pelajar sebagai penyalahguna baru narkotika.

Data penyalahguna narkotika pada kalangan pelajar itu didapat dari hasil survey Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada tahun 2018.

Dalam hasil survey juga disebutkan kasus teratur pakai diperkirakan sebanyak 0,75 % persen atau setara dengan 191 orang. Sementara yang sudah ketergantungan mencapai 0,25 persen orang atau setara dengan 136 orang.

"Diperkirakan jumlah penyalahguan narkoba yang baru sekali dua kali pakai atau pemakai pemula ada sekitar 1.909 atau 3,5 persen," ungkap Kepala Seksi Rehabilitasi BNN Kota Cimahi, Samsul Anwar saat dihubungi, Senin (7/10/2019).

Penyebab para pelajar bisa terjun menjadi penyalahguna narkotika itu karena lingkungan dan gaya hidup. Sedangkan kecenderungannya, para pelajar mengonsumsi obat-obatan.

"Karena obat-obatan ini lebih murah dan lebih mudah didapat. Dari perorang, kemudian dibawa masuk ke lingkungan kelompok sampai akhirnya tercemar semua," bebernya. 

Pihaknya saat ini fokus pada penanganan pelajar yang menyalahgunakan narkoba pada tingkat pemula. Sebab, kalau tidak segera ditangani dikhawatirkan level penyalahgunanya akan naik menjadi teratur.

"Kemudian bisa naik menjadi kecanduan. Supaya tidak naik ke level yang lebih berat maka harus diselesaikan mereka kembalikan lagi ke nol, dipulihkan," tandasnya. (SDK)

Kota Cimahi Pelajar Narkoba Pelajar Cimahi BNN Obat Terlarang


Related Post



Loading...