Advertisement

Peraturan Wali Kota (Perwal) Pengelolaan Arsip di Kota Cimahi Dikebut

Peraturan Wali Kota (Perwal) Pengelolaan Arsip di Kota Cimahi Dikebut
Foto : Tribunnews.com/Kantor pemkot cimahi
Editor: S.N.A Teras Cimahi —Senin, 7 Oktober 2019 15:57 WIB
Terasjabar.id - Sebagai dasar hukum pengelolaan arsip terpusat oleh Pemkot Cimahi, Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarsip) Kota Cimahi menyiapkan Peraturan Walikota (Perwal) Cimahi. 

Menurut Kepala Diskominfoarpus Kota Cimahi, Harjono, draft perwal dan jadwal retensi arsip (JRA) sudah dikonsultasikan dan disetujui Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

"Belum ada Perwal yang mengatur pengelolan arsip statis. Karena itu, sedang disiapkan perwal untuk mendukung pengelolaan arsip yang nantinya disimpan dan dan diolah di Depo Arsip," ujar Harjono saat ditemui di Kantor Pemkot Cimahi, Jalan D. Hardjakusumah, Senin (7/10/2019).

Pemkot Cimahi hingga saat ini belum memiliki depo arsip, padahal sesuai Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009, setiap kabupaten/kota diharuskan memiliki depo arsip. 

Pemerintah Kota Cimahi mewacanakan pembangunan depo arsip berlokasi di Jalan Aruman Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara. Detail Engineering Design (DED) sendiri sudah dibuat dengan anggaran sekitar Rp 700 juta.

"Lahan tersebut tidak jadi dipakai Depo Arsip. Berubah peruntukkannha menjadi bagian dari Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Cimahi yang sedang dibangun. Untuk Depo Arsip harus cari lagi lahan baru," jelasnya.

Saat ini semua arsip dan dokumen negara disimpan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. Diskominfoarpus Kota Cimahi menyewa tempat untuk mengakomodir sebagian arsip milik Pemkot Cimahi di Jalan Daeng Muhammad Ardiwinata.

"Dengan adanya perwal, bisa mendasari kebutuhan ketersediaan Depo Arsip," tuturnya.
(SDK)

Peraturan Wali Kota (Perwal) Pengelolaan Arsip di Kota Cimahi Dikebut perwal arsip kota cimahi


Related Post


 


Loading...