Advertisement

Terungkap, Ini Penyebab Naturalisasi Fabiano Beltrame Tersendat-sendat, Ada Hubungannya dengan MU

 Terungkap, Ini Penyebab Naturalisasi Fabiano Beltrame Tersendat-sendat, Ada Hubungannya dengan MU
Editor: Malda Hot Persib —Minggu, 29 September 2019 17:18 WIB

Terasjabar.id - Pemain asing Persib Bandung, Fabiano Beltrame sudah hampir empat hari tidak terlihat dalam sesi latihan Persib.

Biasanya, pemain asal Brasil yang tengah menunggu proses natrualisasinya itu kerap hadir dalam latihan, meski sudah tidak mungkin bermain di Liga 1 musim ini.

Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengatakan, Fabiano sudah beberapa hari ini berada di negaranya untuk menjenguk ayahnya yang sedang sakit.


Robert mengaku tidak mempermasalahkan hal tersebut.

Ia malah mendukung Fabiano Beltrame pulang dan menemani ayahnya di Brasil untuk beberapa hari.

"Iya itu karena bapaknya sakit dan harus dioperasi. Keluarga tentu harus selalu nomor satu. Kesehatan dan keluarga harus selalu yang utama, baru sepak bola ada di belakangnya," ujar Robert Alberts, saat ditemui di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang Kanupaten Bandung, Sabtu (28/9/2019).

"Meskipun (sepak bola) itu menjadi gairah tapi tetap yang utama adalah keluarga dan kesehatan. Kami mendukung Fabiano dan berharap yang terbaik baginya dan tentunya untuk bapaknya setelah operasi," ucapnya. 

Menurut Robert, Fabiano akan segera kembali ke Indonesia karena ia masih memiliki urusan yang belum selesai.

"Saya pikir mungkin 2-3 pekan sebelum dia kembali karena dia masih berupaya untuk merampungkan naturalisasinya," ucapnya.

Sempat Ada Masalah

Bek kelahiran Brasil yang kini membela Persebaya Surabaya Otavio Dutra sudah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI).

Proses naturalisasi Otavio Dutra sudah rampung, Jumat (27/9/2019) kemarin.

Bagaimana dengan proses naturalisasi pemain Persib Bandung Fabiano Beltrame?


Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora), Gatot Sulistiantoro Dewa Broto, menjelaskan hambatan yang terjadi pada proses naturalisasi Fabiano Beltrame.

Hal tersebut dijelaskannya melalui akun Twitter.

Ya, bobotoh Persib Bandung selama ini memang gregetan dengan proses naturalisasi Fabiano Beltrame yang tak kunjung usai.

Eks pemain Persija Jakarta ini pun tak bisa memperkuat Persib Bandung sebagai pemain lokal.

Pasalnya, hingga penutupan bursa transfer paruh musim Liga 1 2019, Fabiano Beltrame belum juga mendapatkan kewarganegaraan Indonesia.

Akibatnya, Fabiano Beltrame tak bisa didaftarkan oleh Persib Bandung untuk mengarungi kompetisi musim ini.

Hal itu juga dikarenakan slot pemain asing Maung Bandung yang telah terisi oleh empat pemain yakni Ezechiel N Douassel, Kevin van Kippersluis, Nick Kuipers, dan Omid Nazari.

Sejak awal kedatangannya dari Madura United pada awal musim ini, Fabiano Beltrame tak sekali pun tampil membela Persib Bandung karena alasan naturalisasi tak kunjung kelar.

Persib hanya akan mendaftarkan Fabiano Beltrame apabila sang pemain belakang berstatus pilar lokal.

Berbeda dengan Fabiano, bek Persebaya, Otavio Dutra, baru saja resmi merampungkan proses naturalisasi pada Jumat (27/9/2019).

Dutra pun sudah bisa didaftarkan sebagai pemain lokal sekaligus berkesempatan membela timnas Indonesia.

Namun, apa yang membedakan proses naturalisasi Fabiano dan Dutra? Mengapa keduanya tak bisa berbarengan mendapatkan status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI)?

Pemain Persib Bandung Fabiano Beltrame berusaha mengontrol bola pada saat mengikuti latihan di Stadion Sport Jabar, Arcamanik, Bandung, Jumat (6/9/2019). Fabiano belum bisa dimainkan karena proses naturalisasinya belum beres.
Pemain Persib Bandung Fabiano Beltrame berusaha mengontrol bola pada saat mengikuti latihan di Stadion Sport Jabar, Arcamanik, Bandung, Jumat (6/9/2019). Fabiano belum bisa dimainkan karena proses naturalisasinya belum beres. (Tribun Jabar/Deni Denaswara)

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga, Gatot Sulistiantoro Dewa Broto, mengungkapkan alasan di balik pertanyaan tersebut.

Gatot S Dewa Broto mengunggah foto surat pengajuan naturalisasi atas nama Fabiano Beltrame ke akun Twitter pribadinya.

Dalam surat yang ditandatangani Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi dan ditujukan untuk Menteri Hukum dan HAM tersebut, telah diajukan naturalisasi untuk Fabiano Beltrame.

"Sehubungan surat Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu Nomor 275/PBMB-MUFC/Dir/XII/2018 tanggal 7 Desember 2018, perihal 'Permohonan Rekomendasi Naturalisasi', dengan hormat disampaikan bahwa Kementerian Pemuda dan Olahraga pada prinsipnya menyambut baik dan sangat mendukung keinginan Atlet yang bersangkutan untuk menjadi Warga Negara Indonesia," bunyi surat bertanggal 9 Januari 2019 tersebut.

Naturalisasi Fabiano Beltrame memang disponsori oleh mantan timnya, Madura United, yang bernaung di bawah PT Polana Bola Madura Bersatu (PBMB).

Namun, setelah pemain 37 tahun itu hengkang dari Persib Bandung, surat rekomendasi dari PT PBMB dicabut.


Hal tersebut yang membuat naturalisasi Fabiano Beltrame sempat terhambat dan berlarut-larut.

"Sekadar info, untuk Fabiano sudah cukup lama dikirimkan ke Kemkumham. Namun karena kemudian pindah dari MU (Madura United) ke Persib dan ada persoalan internal saat perpindahan, jadi tertunda," tulis Gatot dalam keterangan unggahannya.

"Tetapi sekarang sudah clear dan bulan lalu sudah diproses lagi ke Kemkumham," tulis Gatot melanjutkan. 

Fabiano memiliki waktu panjang untuk segera merampungkan proses naturalisasi dirinya sebelum Liga 1 2020 dimulai.

Pihak Persib pun masih akan menampung Fabiano musim depan andai sang pemain telah mendapat status WNI.


(Tribunjabar.id)

Persib Fabiano Proses Naturalisasi Fabiano Beltrame MU Madura United Naturalisasi Pemain


Related Post



Loading...