Advertisement

Lima Tips Mudah Cegah Sekaligus Obati Batu Ginjal

Lima Tips Mudah Cegah Sekaligus Obati Batu Ginjal
Editor: Malda Teras Health —Jumat, 9 November 2018 13:49 WIB

Terasjabar.id - Batu ginjal merupakan sejenis benda keras yang serupa dengan batu dan ini terbuat dari bekuan kalsium di dalam tubuh. Biasanya ditandai dengan rasa saki yang sangat saat buang air kecil dan bahkan kencing berdarah.

Penyakit ini dapat mengakibatkan komplikasi lain jika tidak segera ditangani sedini mungkin. Dari sebagian besar kasus justru pengobatan batu ginjal harus diobati melalui jalur operasi. Hal ini dikarenakan batu ginjal yang tidak segera dikeluarkan dari dalam tubuh.

Namun akan lebih baik tentunya jika kita mencegahnya terlebih dahulu. Karena semakin besar ukurannya maka risikonya juga akan semakin meningkat. Di bawah ini terdapat beberapa langkah mudah untuk membantu mencegah terjadinya penyakit ini, meliputi :

5 Langkah Mudah Mencegah Batu Ginjal

1. Minum Lebih Banyak Air Putih

Setidaknya disarankan mengonsumsi air sebanyak 8 gelas perhari. Ini bisa membantu menurunkan risiko pembentukan batu ginjal. Disarankan batasi mengonsumsi pemanis atau kalori, minuman bersoda, kafein, alkohol dan teh.

2. Membatasi Asupan Protein Hewani

Sejenis daging dan sumber protein hewani lainnya seperti seafood, telur, jeroan, maupun produk susu yan mengandung purih. Beberapa jenis makanan tersebut dapat terurai menjadi asam urat dalam utin.

Dan salah satu penyebab terjadinya batu ginjal adalah asam urat. Dengan begitu, sebaiknya batasi pengonsumsian protein hewani tersebut.

3. Menjaga Berat Badan

Kondisi berat badan yang berlebih dapat berikatan dengan perkembangan batu ginjal. Sebab resistensi insulin dapat meningkat seirin jumlah kalsium yang meningkat dalam urin. Sehingga lebih berisiko mengalami batu ginjal.

4. Kurangi Asupan Garam

Terlalu banyak mengonsumsi natrium atau garam juga berisiko meningkatkan jumlah kalsium di dalam urin. Selain di dalam garam dapur, bisa ditemukan pula pada saus sambal, saus tiram, kecap, makanan kalengan, dan makanan cepat saji serta tomat.

5. Batasi Konsumsi Oksalat

mengonsumsi jenis makanan dengan kadar oksalat yang tinggi, dapat membantu meningkatkan jumlah oksalat di dalam urin. Sehingga ini berkaitan dengan kalsium dan pembentukan batu ginjal.

Adapun beberapa jenis makanan terkait kadar oksalat, meliputi bayam, produk kedelai, kacang mede, almod, buah bit, coklat, kiwi, teh, gandum, dan makanan yang itnggi vitamin C.

Bukan berarti tidak boleh dikonsumsi, hanya saja lebih dibatasi saja jangan sampai terlalu berlebih mengonsumsinya.

Itulah sekilas penjelasan mengenai beberapa langkah mudah membantu mencegah terbentuknya penyakit batu empedu. Semoga bermanfaat.

(Tika/Sumber:Viva.co.id)

Lima Tips Batu Ginjal


Related Post



Loading...