Advertisement

Jumat, 9 November 2018 13:46 WIB

Hari ke-12, Basarnas kerahkan 220 personel cari korban Lion Air & CVR

S.N.A —Hot News
Hari ke-12, Basarnas kerahkan 220 personel cari korban Lion Air & CVR

Terasjabar.id- Memasuki hari ke-12, Badan SAR Nasional (Basarnas) terus melakukan pencarian terhadap korban jatuhnya Pesawat Lion Air dengan kode penerbangan JT610. Hal itu setelah pihaknya menambahkan waktu tiga hari lagi untuk mencari korban pesawat tujuan Jakarta-Pangkalpinang.

Kabag Humas Basarnas SNN Sinaga mengatakan, untuk pencarian korban pada hari ini. Pihaknya menurunkan sebanyak 220 personel dengan menggunakan empat kapal.

"Proses evakuasi hari ini kita menggunakan 4 kapal, 4 rib ditambah dengan perahu karet, tersendiri Basarnas yang ada di lapangan ada 220 orang dan penyelamnya ada 60 orang," kata Sinaga saat dikonfirmasi merdeka.com, Jakarta, Jumat (9/11).

"Sudah mulai bergerak buat hari ini. Tadi jam 07.00 ya," sambungnya.

Selain itu, untuk pola pencarian pada hari ini, pihaknya tetap menggunakan pola pada hari-hari sebelumnya. Pencarian bukan hanya dilakukan di perarian Tanjung Karawang, tapi juga di Pantai Tanjung Pakis.

"Untuk strategi pencarian tetap dengan pola sebelumya, penyelaman tetap di daerah radius 250 meter. Kemudian untuk di permukaan tetap dilaksanakan pola pencarian jarak 20 sampai 25 kilometer, sampai dengan ke Tanjungpakis," ujarnya.

Lalu, saat ditanyakan apakah pihaknya juga mencari body part pesawat Lion Air yang diduga masih banyak berada di dasar perairan. Ia pun menegaskan, itu merupakan tugas dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Kita itu fokusnya korban bukan serpihan (pesawat). Tapi kalau misalkan tim kita menemukan CVR ya kita angkat-lah," tegasnya.

Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT610 jatuh di Tanjung Karawang setelah dilaporkan hilang kontak pada sekitar pukul 06.33, pada Senin (29/10). Pesawat tersebut membawa 189 orang, termasuk penumpang dan kru pesawat.

Penumpang itu terdiri dari 178 orang dewasa, 1 anak-anak, dan 2 bayi (infant). Untuk kru pesawat terdiri dari 2 kokpit kru dan 6 orang awak kabin.

(Nada/Sumber:Merdeka.com)

Basarnas Lion Air CVR



Related Post



Comment